Campur Kode dan Alih Kode dalam Kanal YouTube Ms V: Analisis Sosiolinguistik
Kartika Tyas Kusuma Pratiwi, Abdul Jawat Nur, S.S., M.Hum.
2023 | Skripsi | SASTRA ARAB
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk campur kode dan alih kode dalam empat video kanal YouTube Ms V unggahan bulan Agustus 2021 serta faktor penyebabnya. Dua teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini, yaitu teori sosiolinguistik dan teori campur kode dan alih kode. Tahapan metode penelitian ini dibagi menjadi tiga: 1) penyediaan data, 2) analisis data, dan 3) penyajian hasil analisis data. Metode informal disajikan untuk menjabarkan hasil analisis data.
Hasil penelitian terhadap empat
video YouTube Ms V bulan Agustus 2021
didapatkan 19 data campur kode berbentuk kata, 18 campur kode berbentuk frasa, dan
6 data campur kode berbentuk pengulangan kata. Adapun alih kode yang ditemukan
berupa alih kode eksternal sebanyak 24 data. Faktor penyebab campur kode dan alih
kode terjadi disebabkan oleh pemakaian istilah yang lebih popular, faktor isu
yang dibicarakan, faktor terbatasnya kode yang digunakan, faktor pokok
pembicaraan, dan faktor lawan bicara.
This research aims to describe the forms of code-mixing and code-switching in four YouTube videos of Ms V’s channel uploaded in August 2021, as well as the factors causing them. Two theories used to analyze this research, they are sociolinguistic theory and code-mixing and code-switching theory. The research method is divided into three stages: 1) data collection, 2) data analysis, and 3) presentation method of data analysis results. The informal method is employed to elaborate on the results of data analysis.
The research findings on the four YouTube videos of Ms.V in August 2021
revealed 19 data of code-mixing in the form of words, 18 data of code-mixing in
the form of phrases, and 6 data of code-mixing in the form of word repetition.
Additionally, 24 data of external code-switching were identified. The factors
causing code-mixing and code-switching are the usage of more popular terms, the
discussed issues, limited codes used, the main topic of conversation, and the
interlocutor.
Kata Kunci : youtube, sosiolinguistik, campur kode, alih kode.