Pengaruh Penggunaan Layanan Mobile Banking terhadap Perilaku Konsumsi Masyarakat pada Masa Pandemi COVID-19
Noufal Mahligai Ramadani, Diny Ghuzini S.E., M.Sc., Ph.D.
2023 | Skripsi | ILMU EKONOMI
Sistem pembayaran dengan menggunakan layanan mobile banking kini lebih banyak dipilih karena dianggap lebih mudah dan lebih efisien oleh masyarakat dalam bertransaksi khususnya selama pandemi COVID-19. Masyarakat pengguna layanan mobile banking diuntungkan karena mereka tidak perlu melakukan transaksi melalui Bank atau ATM terdekat dalam pemenuhan konsumsinya. Pada masa pandemi COVID-19, penggunaan akan layanan mobile banking mengalami peningkatan karena masyarakat tetap bisa melakukan kegiatan transaksi dari rumah masing-masing dan hal ini dinilai dapat mencegah serta memutus rantai penyebaran virus COVID-19. Namun, peningkatan penggunaan layanan mobile banking ini justru mempengaruhi perilaku konsumsi masyarakat yang cenderung lebih konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris pengaruh penggunaan layanan mobile banking terhadap perilaku konsumsi masyarakat pada masa pandemi COVID-19. Dengan menggunakan data kuesioner yang sudah diisi oleh para responden dan menggunakan metodologi PLS-SEM serta analisis linear regression, studi ini menemukan bahwa penggunaan layanan mobile banking meningkatkan perilaku konsumtif masyarakat pada masa pandemi COVID-19 secara positif signifikan.
Payment Sysems using mobile banking services are more preffered because people consider it easier and more efficient in transacions, especially during pandemic COVID-19. The customer of mobile banking services have some benefits that they don’t need to make a transactions through the nearest bank or ATM to fulfill their needs. During the pandemic COVID-19, the use of mobile banking services has increased because people can still make a transaction activities from their homes and this is consider to be able ro prevent and break the chain of spread of the COVID-19. However, the increase in the use of mobile banking services actually influences people’s consumption behavior which tends to be more consumptive. This study aims to empirically examine the effect of using mobile banking services on people’s consumption behavior during the pandemic COVID-19. Using quetionnaire data that has been filled out by respondents and using the PLS-Sem methodology and linear regression analysis, this study found that the use of mobile banking services positive and significant increased people’s consumptive behavior during the pandemic COVID-19.
Kata Kunci : Mobile Banking, Perilaku Konsumsi, Perilaku Konsumtif, Pandemi COVID-19, PLS-SEM