EVALUASI STRATEGI SUSTAINABLE TOURISM PADA DESTINASI WISATA LEDOK SAMBI ECOPARK
Adrian Adhya Hermanu, Suci Paramitasari Syahlani, Dr. Ir., M.M., IPM.
2023 | Tesis | S2 Manajemen
Indonesia
memiliki sumber daya yang melimpah yang dapat dimanfaatkan, mulai dari sumber
daya alam, budaya, dan kuliner. Keragaman sumber daya inilah yang kemudian
dimanfaatkan sebagai daya tarik pariwisata di Indonesia, tidak terkecuali di
Yogyakarta. Salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yang memanfaatkan sumber
daya alam tersebut ialah Ledok Sambi Ecopark. Ledok Sambi Ecopark
merupakan wisata alam yang berbasis pemberdayaan masyarakat yang sudah berdiri
sejak tahun 2003, terletak di Jalan Kaliurang KM 19.2, Dusun Sambi, Desa
Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta. Paska
pandemi Covid-19, manajemen Ledok Sambi Ecopark mulai mengusung strategi
sustainable tourism. Selain bertujuan untuk menjaga sumber daya yang
ada, strategi ini juga bertujuan untuk meraih keunggulan kompetitif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi
strategi sustainable tourism yang telah dijalankan oleh manajemen Ledok
Sambi Ecopark dengan cara mengidentifikasi strategi yang telah dijalankan oleh
masing-masing unit bisnis, melakukan penilaian terhadap strategi tersebut, dan
kemudian merancang strategi pemasaran yang lebih efektif. Metode pengumpulan
data diperoleh dengan cara observasi dan wawancara mendalam baik dengan
manajemen dan juga dengan pelanggan Ledok Sambi Ecopark.
Hasil temuan yang didapatkan
menunjukkan bahwa strategi sustainable tourism yang telah dijalankan
oleh manajemen Ledok Sambi Ecopark belum maksimal. Hal ini dikarenakan beberapa
strategi yang dijalankan secara tidak konsisten, adanya 4 unit bisnis yang
mempunyai target pasar dan kompetitor yang berbeda-beda namun memiliki strategi
pemasaran yang sama, sumber daya manusia yang kurang mendapatkan pelatihan, dan
beberapa inisiatif yang masih kurang adaptif terhadap pasar. Berdasarkan hasil
temuan dan evaluasi strategi, peneliti telah mengusung strategi sustainable tourism yang lebih efektif, dengan membuat visi dan
misi yang lebih tepat, merencanakan alokasi sumber daya ke unit bisnis yang
lebih efektif, dan memberikan penilaian terhadap opportunity berkembang
Ledok Sambi Ecopark.
Indonesia possesses abundant resources that can be
utilized, ranging from natural resources, culture, to cuisine. It is the
diversity of these resources that is subsequently utilized as the attraction
for tourism in Indonesia, including in Yogyakarta. One of the tourist
destinations in Yogyakarta that harnesses these natural resources is Ledok
Sambi Ecopark. Ledok Sambi Ecopark is a community-based nature tourism site
that has been established since 2003, located at Jalan Kaliurang KM 19.2, Dusun
Sambi, Desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta.
Post-Covid-19 pandemic, the management of Ledok Sambi Ecopark has begun to
adopt a sustainable tourism strategy. This strategy aims not only to preserve
the existing resources but also to achieve a competitive advantage.
This study aims to evaluate the sustainable tourism
strategy implemented by the management of Ledok Sambi Ecopark by identifying
the strategies implemented by each business unit, assessing these strategies,
and subsequently designing more effective marketing strategies. Data collection
methods were conducted through observations and in-depth interviews with both
the management and customers of Ledok Sambi Ecopark.
The findings indicate that the sustainable tourism
strategy implemented by the management of Ledok Sambi Ecopark has not been
fully optimized. This is due to several inconsistent strategies, four business
units targeting different markets and competitors yet utilizing the same
marketing strategy, insufficient training for human resources, and some
initiatives that are not sufficiently adaptive to the market. Based on the
findings and strategy evaluation, the researchers have proposed a more
effective sustainable tourism strategy, including establishing a more appropriate
vision and mission, planning more effective resource allocation to business
units, and assessing opportunities for the growth of Ledok Sambi Ecopark.
Kata Kunci : Keberlanjutan, Pariwisata, Evaluasi, Strategi