Laporkan Masalah

THE IMPACT OF AFFECTIVE COMMITMENT ON ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR: THE MODERATING ROLE OF TIME PERSPECTIVE

Firza Syafira, Prof. Amin Wibowo, S.E., M.B.A., Ph.D.

2023 | Tesis | S2 Manajemen

Mengingat pentingnya perilaku kewarganegaraan organisasional, yang telah terbukti menghasilkan beberapa konsekuensi positif, penelitian ini bertujuan untuk menguji tidak hanya pengaruh komitmen afektif terhadap perilaku kewarganegaraan organisasional, tetapi juga pengaruh moderasi dari perspektif waktu pada hubungan ini. Secara khusus, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis bahwa afektif komitmen memberikan pengaruh positif terhadap perilaku kewarganegaraan organisasional, dan bahwa hubungan ini akan diperkuat oleh perspektif waktu yang berorientasi pada masa depan dan dilemahkan oleh perspektif waktu yang berorientasi pada masa kini. Penelitian ini dilakukan di Indonesia, khususnya pada pekerja yang bekerja di Jakarta. Investigasi ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner daring yang tersedia untuk diisi secara mandiri. Dengan menggunakan sampel sejumlah 173 pekerja, penelitian ini menemukan bahwa komitmen afektif dapat memprediksi keterlibatan dalam perilaku kewarganegaraan organisasional. Perspektif Waktu yang berorientasi pada saat ini juga dibuktikan dapat memoderasi hubungan di antara komitmen afektif dan perilaku kewarganegaraan organisasional. Kekuatan untuk memprediksi perilaku kewarganegaraan organisasional oleh komitmen afektif akan berkurang ketika pekerja memiliki orientasi pada masa kini yang lebih kuat. Penelitian ini juga menghasilkan beberapa implikasi bisnis dan akademis, serta arah penelitian di masa depan. 

Given the importance of Organizational Citizenship Behavior (OCB) engagement, which has been shown to result in several desirable outcomes, the purpose of this study is to examine not only the direct effect of Affective Commitment (AC) on Organizational Citizenship Behavior (OCB), but also the moderating effect of Time Perspective on this relationship. Specifically, the purpose of this study is to test the hypothesis that AC exerts a positive influence on OCB, and that this relationship will be strengthened by Future-Orientation Time Perspective (TPP) and constrained by Present-Orientation Time Perspective (TPS). This investigation was conducted in Indonesia, with a particular emphasis on those employed in Jakarta, the nation's capital. This investigation is conducted by means of an online questionnaire that is available for independent completion. Utilizing a sample size of 173 employees, the observed relationships are investigated. Based on the findings of this investigation, AC may be able to predict whether or not OCB will get engaged. Present-Orientation Time Perspective is revealed to moderate the relationship between AC and OCB. The predictive value of AC will be diminished in relation to OCB if the employees have a stronger present-orientation temporal perspective.  This study also provides a variety of business and academic implications, as well as future research directions.

Kata Kunci : Affective Commitment, Organizational Citizenship Behavior, Time Perspective, Time Evaluation, Future Orientation, Present Orientation, Extra-Role Behavior

  1. S2-2023-470938-abstract.pdf  
  2. S2-2023-470938-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-470938-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-470938-title.pdf