Rencana Pemasaran Digital dari PT XYZ
Hanna Putri Bayu Siregar, Bayu Sutikno, S.E., M.S.M, Ph.D.
2023 | Tesis | S2 MANAJEMEN (MM) JAKARTA
Industri golf di Indonesia senantiasa berkembang dan telah menjadi salah
satu fokus pemerintah dalam meningkatkan pariwisata Indonesia. PT XYZ merupakan
penyedia lapangan golf yang terletak di pusat kota Jakarta. Dengan adanya
perubahan nama perusahaan menjadi PT XYZ, dan perubahan pengelola, maka
strategi perusahaan juga berubah, terutama strategi pemasaran. Hingga saat ini,
PT XYZ memiliki citra premium dan dikenal sebagai tempat bermain golf bagi
kalangan atas. Perubahan tren berolahraga menjadikan golf digemari oleh para
anak muda, salah satunya adalah generasi milenial. Dalam beberapa tahun terakhir,
PT XYZ masih mengembangkan strategi pemasaran yang tradisional, dan belum
memiliki divisi dan strategi untuk pemasaran digital. Sementara pemasaran
digital merupakan strategi yang tepat dijalankan untuk meningkatkan kesadaran
pada merek (brand awareness) dan menjangkau generasi muda di
Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk
menyusun rencana pemasaran digital yang efektif untuk mempromosikan PT XYZ dan
menjangkau generasi milenial untuk bermain golf di PT XYZ. Berdasarkan
wawancara dan analisis SWOT yang dilakukan maka rencana pemasaran digital yang
dapat dilakukan oleh PT XYZ adalah dengan mengembangkan situs web untuk
mempermudah masyarakat mencari informasi mengenai PT XYZ, memanfaatkan key
opinion leader (KOL) untuk meningkatkan kehadiran online (online
presence) dari PT XYZ, penggunaan SEO untuk meningkatkan “ranking” atau
peringkat dan visibilitas halaman website perusahaan pada mesin pencari, dan online
public relation dengan tujuan meningkatkan pemberitaan PT XYZ pada media
cetak dan media online.
The Indonesian golf industry is undergoing
continuous development and has emerged as a key area of focus for the
government in its efforts to enhance the country's tourism sector. PT XYZ is a
commercial entity that offers golf course services and is situated in the
central business district of Jakarta. In 2020, there was a change of name to PT
XYZ, and change of management. The alteration in ownership and management has
resulted in a shift in the company's approach, particularly in the domain of
marketing strategy. To date, PT XYZ has established a reputation for being a
premium destination for golfing among the affluent demographic. The rise in
golf's popularity among the younger demographic, particularly the millennial
generation, can be attributed to shifts in sporting trends. PT XYZ has yet to establish
digital marketing divisions and strategies, as it continues to focus on the
development of traditional marketing strategies in recent times. Digital
marketing has been identified as a suitable approach for enhancing brand
recognition and expanding the target audience to include younger demographics
in Indonesia.
The
objective of this research is to devise a proficient digital marketing and
branding strategy for the promotion of PT XYZ as a golf course to younger
generation, specifically millennials. The present study conducted interviews
and SWOT analysis to develop a digital marketing plan for PT XYZ. The proposed
plan entails the development of a website to enhance the accessibility of
information about PT XYZ to the public, leveraging key opinion leaders (KOL) to
augment PT XYZ's online presence, implementing search engine optimization (SEO)
to improve the ranking and visibility of the company's website pages on search
engines, and online public relations to expand PT XYZ's coverage in print and
online media.
Kata Kunci : Golf course, golf tourism, digital marketing golf, SEO golf, key opinion leader (KOL) golf