Laporkan Masalah

Assessing The Accessibility, Attraction, Amenities and Ancillary Management at Gembira Loka Zoo And Its Impact on Visitors Experience

Norsyaza Husna binti Albakeri, Dr.Yulia Arisnani Widyaningsih, M.B.A, Ph.D.

2023 | Tesis | S2 Magister Kajian Pariwisata

Kebun binatang pada dasarnya dirancang sebagai tempat untuk interaksi manusia dan binatang. Fungsi Kebun binatang mengalami transformasi dari hanya tempat melihat binatang menjadi tempat rekreasi. Saat ini kesadaran pentingnya melindungi spesies yang terancam menjadikan kebun Binatang beralih tujuan dari rekreasi ke konservasi. Komponen pariwisata 4A (aksesibilitas, atraksi,, amenitas, sarana pendukung) sangat penting dalam mengembangkan destinasi wisata sehingga dapat membantu meningkatkan pengalaman pengunjung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengakses pengelolaan komponen pariwisata 4A di Kebun Binatang Gembira Loka. Yogyakarta dan dampak penerapannya terhadap pengalaman pengunjung. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran. Data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara dengan pengelola Kebun Binatang Gembira Loka. Sedangkan data kuantitatif dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik analisis statistik deskriptif digunakan dalam menganalisis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pihak pengelola Kebun Binatang Gembira Loka telah menyediakan komponen wisata 4A yang baik untuk pengunjung. Respon wisatawan terhadap pengelolaan komponen wisata 4A menunjukkan respon yang baik terhadap kesemua komponen wisatanya iaitu Aksesibilitas (25,06%), Atraksi (21,72%), Amenitas (25,52%) dan Sarana Pendukung (27,69%) dengan skor total 78,62%. Penelitian ini juga memaparkan hasil dampak komponen pariwisata 4A terhadap pengalaman pengunjung, yang menunjukkan perolehan pengalaman positif dengan skor 75,81%.

Zoo is basically design as a place to allow the interaction between human and wildlife. Zoo has gone through a fast transformation from just animal looking place to a place for recreation, leisure and today, the awareness on the importance of protecting the threatened and endangered species has shifted the focus of the zoo from a recreation to a conservation destination. 4As tourism components (Accessibility, Attraction, Amenities, Ancillary) are essential in developing tourism destination and it can help in improving visitor’s experience. Therefore, this research seeks to access the management of 4As Tourism Component at Gembira Loka Zoo. Yogyakarta and the impact of its implementation on visitor experience. To answer the research question, this research is using a mix-methods approach. Qualitative data collected through an interview with the management of Gembira Loka Zoo. Meanwhile, quantitative data collected through questionnaire distribution towards respondent that is selected through purposive sampling methods. Descriptive Statistical Analysis technique was used in analysing the data collected in this study. The finding shows that the management of Gembira Loka Zoo has provided the visitors with a proper 4As tourism component. The response of tourists to the management of the 4As tourism component shows a good response in the components of Accessibility (25.06%), Attraction (21.72%), Amenities (25.52%), and Ancillary (27.69%) with total score of 78.62%. This research also presented the result for the impact of 4As tourism component towards visitor’s experience, which shows a positive experience gain with the score of 75.81%.

Kata Kunci : 4As tourism components, visitors experience, Gembira Loka Zoo, Yogyakarta

  1. S2-2023-457489-abstract.pdf  
  2. S2-2023-457489-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-457489-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-457489-title.pdf