Laporkan Masalah

Pengembangan Desain Interaksi Authoring Tutor Kognitif Menggunakan Apprentice Learner Framework

Syeh Abidin Kobar, Nur Rokhman, S.Si., M.Kom., Dr.; Azhari, Drs., M.T., Dr.

2023 | Skripsi | ILMU KOMPUTER

Intelligent tutoring system (ITS) telah terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik di berbagai bidang studi. Akan tetapi, membangun ITS merupakan proses yang memerlukan waktu banyak dan membutuhkan keahlian khusus untuk mengoperasikan alat-alat yang ada. Apprentice Learner (AL) merupakan sebuah framework pengembangan simulated learner yang dapat digunakan untuk membangun ITS. Dengan mengkombinasikan AL dan desain interaksi authoring yang mengutamakan transparansi model, fleksibilitas masukan, dan kontrol pemecahan masalah, author dapat memaksimalkan model-tracing completeness dalam waktu yang lebih cepat daripada metode-metode authoring yang ada saat ini. Akan tetapi, desain interaksi authoring menggunakan AL hingga saat ini masih memiliki beberapa kelemahan antara lain: author masih kesulitan untuk mengidentifikasi capaian model-tracing completeness, tidak adanya mekanisme pemulihan kesalahan, dan tampilan pengguna yang masih belum memenuhi prinsip desain user experience (UX).

Pada penelitian ini dilakukan pengembangan desain interaksi authoring tutor kognitif baru yang dibangun dengan menggunakan AL Framework. Desain interaksi authoring yang baru ini memperhatikan prinsip UX, mekanisme pemulihan kesalahan, dan transparansi capaian model-tracing completeness. Pengujian efektivitas dan efisiensi desain interaksi authoring tutor kognitif yang baru ini dilakukan oleh para author yakni guru matematika di beberapa sekolah menengah di Yogyakarta, Indonesia. Hasil pengujian menunjukkan tingkat capaian model-tracing completeness rata-rata sebesar 95?n rata-rata lama waktu proses authoring sebesar 27,8 menit pada desain interaksi yang baru, dibandingkan dengan rata-rata model-tracing completeness sebesar 80,4?n rata-rata lama waktu proses authoring sebesar 61,8 menit pada desain interaksi yang lama. Hasil pengembangan desain interaksi authoring ini menunjukkan potensi kontribusi signifikan dalam upaya mewujudkan alat authoring ITS yang lebih efisien dan mudah digunakan oleh author awam.

Intelligent Tutoring System (ITS) has been proven to improve student learning achievement in various fields of study. However, building an ITS is a process that takes much time and requires special skills to operate existing tools. Apprentice Learner (AL) is a simulated learner development framework that can be used to build ITS. By combining AL and authoring interaction design that emphasizes model transparency, input flexibility, and troubleshooting control, authors can maximize model-tracing completeness in a shorter time than existing authoring methods. However, the current authoring interaction design using AL still has several weaknesses, including there is no error recovery mechanism, and the author still has difficulty identifying model-tracing completeness achievements, and system interface that does not meet the user experience design principles.

In this study, the new cognitive tutor authoring interaction design was developed using the AL Framework. This new authoring interaction design pays attention to User Experience (UX) principles, error recovery mechanisms, and transparency of model-tracing completeness achievement. Testing the effectiveness and efficiency of the new cognitive tutor authoring interaction design conducted by authors, namely mathematics teachers in several high schools in Yogyakarta, Indonesia. The results showed an average model-tracing completeness achievement of 95% and an average length of the authoring process of 27,8 minutes for the new interaction design, compared to 80,4% model-tracing completeness achievement and 61,8 minutes of the old interaction design. The results of this development show the potential for a significant contribution in the effort to create an ITS authoring tool that is more efficient and easy to use by ordinary authors.

Kata Kunci : authoring tutor kognitif, desain interaksi, intelligent tutoring system, model-tracing completeness, simulated learner

  1. S1-2023-398530-abstract.pdf  
  2. S1-2023-398530-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-398530-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-398530-title.pdf