Pengaruh Live Shopping Pada Purchase Hesitation: Studi Kasus pada Aplikasi TikTok di Indonesia
Rifki Andrian Noor, Sari Winahjoe Siswomihardjo, Dr., M.B.A.
2023 | Tesis | S2 Manajemen
Pertumbuhan aplikasi TikTok mengungguli media sosial lain dalam hal waktu yang dihabiskan pengguna, menuntun aplikasi ini menjadi saluran pemasaran yang penting untuk bisnis secara global. Pengguna aplikasi TikTok di Indonesia menempati urutan kedua di dunia dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 99,1 juta orang. Salah satu fitur yang menjadi keunggulan dari TikTok adalah fitur live shopping yang memberi kemudahan bagi konsumen ketika berbelanja online karena kemudahan berinteraksi secara real time sehingga menjembatani keterbatasan jarak antar konsumen dengan toko fisik. Keunggulan potensi ini bertentangan dengan hasil fenomena di lapang yang menunjukkan bahwa masih terdapat keraguan di benak konsumen ketika berbelanja melalui live shopping TikTok. Artinya, terdapat kesenjangan antara potensi dari live shopping TikTok dan realita mayoritas konsumen yang masih belum yakin untuk memanfaatkan fitur tersebut dalam memutuskan pembelian.
Penelitian ini menggunakan metode survei untuk mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability dengan pendekatan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 210 responden yang berusia minimal 18 tahun, pengguna aktif TikTok, dan pernah menonton live shopping TikTok namun belum pernah melakukan pembelian. Penelitian ini menggunakan SEM-PLS dengan alat bantu aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi partisipan (interaksi konsumen dan anchor dan interaksi antar konsumen) ditemukan memiliki pengaruh positif pada telepresence yang terdiri atas kehadiran sosial dan kehadiran fisik. Kehadiran fisik dan kehadiran sosial ditemukan memiliki pengaruh positif pada kepercayaan konsumen yang menuntun pada kepercayaan konsumen berpengaruh negatif pada keraguan pembelian.
The
growth of the TikTok app outperformed other social media in average daily time
spent users, leading the app to become an important marketing channel for
businesses globally. TikTok application users in Indonesia rank second in the
world with a total of 99.1 million active users. One of the features that is
the advantage of TikTok is the live shopping feature which makes it easy for
consumers when shopping online because of the ease of interacting in real time
so as to bridge the limited distance between consumers and physical stores. Its
potential advantage is in contrast to the results of phenomena in the field
which show that there is still hesitation in consumers when shopping through
live shopping TikTok. This means that there are concerns between the potential
of TikTok's live shopping and the reality of the majority of consumers who are
still unsure about utilizing this feature in making purchase decisions.
This study uses a survey method to collect data
using a questionnaire. Sampling was carried out using a non-probability method
with a purposive sampling approach. The sample in this study was 210
respondents who were at least 18 years old, active users of TikTok, and had
watched live shopping on TikTok but had never made a purchase. This research
uses SEM-PLS with SmartPLS 3.0 application tools. The results of this study
indicate that participant interaction (consumer and anchor interaction and
interaction between consumers) is found to have a positive effect on
telepresence which consists of social presence and physical presence. Physical
presence and social presence were found to have a positive effect on consumer
trust which leads to consumer trust having a negative effect on purchase hesitation.
Kata Kunci : interaksi partisipan, telepresence, keraguan pembelian