Laporkan Masalah

SHUUDANSHUGI: PEMBINGKAIAN PEMBERITAAN PASCA 10 TAHUN BENCANA NUKLIR FUKUSHIMA DAIICHI OLEH MEDIA JEPANG

Muhammad Umar, Anisa Ledy Umoro, S.S., M.A., Ph.D.

2023 | Skripsi | S1 SASTRA JEPANG

Bencana Nuklir Fukushima Daiichi pada tahun 2011 menjadi salah satu memori kelam untuk masyarakat Jepang. Kini telah lebih dari 10 tahun dilewati, Fukushima mulai “bergerak”. Topik ini menjadi pemberitaan yang banyak disampaikan oleh media Jepang. Penelitian ini membahas bagaimana media Jepang membingkai dan menyampaikan topik tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis tematis dengan data yang didapat melalui media YouTube, untuk melihat pola yang terdapat pada pemberitaan yang selanjutnya dianalisis berkaitan dengan pembingkaiannya.

Peneliti menyimpulkan bahwa cara media Jepang membingkai pemberitaan pasca 10 tahun bencana nuklir Fukushima Daiichi kental akan unsur kolektivisme. Melalui analisis telah dilakukan terlihat bahwa media membahas hubungan kota-masyarakat sebagai sebuah kesatuan yang memiliki korelasi kuat bahkan hingga tataran sosio-kultural masyarakat. Penelitian ini juga menilik dari sudut pandang Nakane (1986) mengenai frame dan attribute, yang merupakan 2 unsur utama untuk memahami masyarakat Jepang. Terlihat bahwa cara media membingkai pemberitaan tidak melepaskan kota sebagai frame yang mengikat masyarakat sebagai kesatuan. Hal ini menunjukkan tidak hanya masyarakat saja, tapi media membingkai berita dengan sudut pandang bahwa masyarakat dan kota sebagai sebuah “grup”. Hingga penelitian ini sampai pada kesimpulan akhir bahwa pembingkaian yang dilakukan media Jepang terhadap kondisi pasca 10 tahun bencana nuklir Fukushima Daiichi, merupakan pemberitaan yang kental dengan konsep shuudanshugi atau “berorientasi pada grup”.

The Fukushima Daiichi Nuclear Disaster in 2011 is one of the saddest memories for Japanese people. Now, more than 10 years have passed, Fukushima is starting to “move”. This topic has become a news that delivered by many Japanese media. The aim of this research is to understand the pattern of how the media frames the aftermath of the Fukushima Daichi nucelar disaster.  This research explores how Japanese media frames the topic. This research employs thematic analysis. The news data were gathered through YouTube. 

The findings of this research that the way the Japanese media framed the news after 10 years of the Fukushima Daiichi nuclear disaster was thick with elements of collectivism. Through the analysis, it is seen that the media discusses the city-society relationship as a unity that has a strong correlation even to the socio-cultural level of the society. The researcher also tried to look at Nakane's (1986) perspective on frame and attribute, which are the two main elements to understand Japanese society. It can be seen that the way the media frames the news does not let go of the city as a frame that binds society as a single communal entity. This shows that not only the society, but the media frames the news with the viewpoint that the society and the city as a one “group”. This research came to the final conclusion that the framing carried out by the Japanese media on the conditions after 10 years of the Fukushima Daiichi nuclear disaster, was news that was nuanced with the concept of shuudanshugi or "group-oriented".

Kata Kunci : pembingkaian, berita, PLTN Fukushima Daiichi, shuudanshugi

  1. S1-2023-443451-abstract.pdf  
  2. S1-2023-443451-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-443451-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-443451-title.pdf