ANALISIS UNIT COST LAYANAN PENDIDIKAN MENGGUNAKAN ACTIVITY-BASED COSTING (STUDI PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI XYZ)
Fauziah Ekawati, Syaiful Ali, MIS., Ph.D., Ak., CA.
2023 | Tesis | S2 Akuntansi
Abstrak
Tujuan – Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis unit cost layanan pendidikan dengan menggunakan sistem activity-based costing (ABC) sekaligus melihat sistem informasi yang dapat mendukung kelancaran analisis serta mengungkapkan persepsi manajemen terhadap implementasi sistem ABC di PTN XYZ.
Metode Penelitian – Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan dilakukan di PTN XYZ pada Fakultas A dan Fakultas B sebegai pilot project analisis unit cost. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari wawancara dengan 9 narasumber dan data sekunder berupa laporan realisasi anggaran, data terkait mahasiswa, data bangunan beserta penyusutannya, dan data internal dari tiap fakultas.
Temuan – Hasil perhitungan unit cost menggunakan sistem ABC adalah sebesar Rp16.857.997 pada program studi di Fakultas A dan Rp13.392.482 pada program studi di Fakultas B. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa pendapatan UKT dari program sarjana belum mampu untuk memenuhi biaya-biaya yang dikeluarkan secara keseluruhan. Peneliti menemukan bahwa manajemen menyadari pentingnya sistem akuntansi biaya terutama untuk perhitungan unit cost dan dengan adanya tekanan dari berbagai pihak membuat manajemen melakukan perhitungan unit cost dengan menggunakan ABC. Kendala terbesar dalam implementasi ABC adalah bahwa manajemen data yang ada belum optimal, menyebabkan sulit untuk mengidentifikasi data apa saja yang perlu disiapkan.
Originalitas – Penelitian ini melakukan analisis unit cost dengan membandingkan pendapatan UKT dan BKT yang ditetapkan pemerintah. Diungkapkan pula persepsi manajemen terhadap implementasi sistem ABC dan tekanan-tekanan yang diterima.
Abstract
Objectives – The aim of this research is to analyze the unit cost of educational services using an activity-based costing system while at the same time looking at the information systems that can support smooth analysis and reveal management's perceptions of the implementation of the ABC system at PTN XYZ.
Research Methods – This study used a qualitative research design with a case study approach and was conducted at PTN XYZ with two faculties as unit cost analysis pilot projects. The data used in this study came from interviews with 9 informants and the secondary data were in the form of budget realization reports, student-related data, building and depreciation data, and internal data from each faculty.
Findings - The results of calculating the unit cost using the ABC system amounted to IDR 16,857,997 for the undergraduate program at Faculty A and IDR 13,392,482 for the undergraduate program at Faculty B. The results of the analysis also showed that UKT income from the undergraduate program had not been able to meet the costs that were issued in its entirety. The researchers found that the management realized the importance of a cost accounting system, especially for unit cost calculations, and with pressure from various parties made management carry out unit cost calculations using ABC. The biggest obstacle in implementing ABC was that the existing data management was not optimal, making it difficult to identify what data needed to be prepared.
Originality – This study conducted a unit cost analysis by comparing UKT and BKT revenues set by the government. It also disclosed the management's perception of the implementation of the ABC system and the pressures received.
Kata Kunci : Sistem ABC, Biaya Pendidikan, Unit Cost