THE REPRESENTATION OF NCLB INMPLEMENTATION PROGRAM AND ITS IMPACT FOR HISPANIC STUDENTS: A CRITICAL DISCOURSE IN MEDIA REPORTS
RIRIS YUSRINA, Dr. Aris Munandar, M.Hum
2023 | Tesis | MAGISTER PENGKAJIAN AMERIKA
NCLB
bertujuan untuk meningkatkan sistem pendidikan Amerika Serikat. Setiap siswa di
Amerika harus memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang
berkualitas. Artinya, negara bertanggung jawab menyediakan fasilitas pendidikan
yang adil, merata, dan berkualitas bagi masyarakat. Namun kenyataannya, NCLB
tidak sepenuhnya berhasil. Sementara undang-undang menetapkan kesetaraan bagi
siswa yang kurang mampu, siswa yang lebih mampu mendapatkan fasilitas yang
lebih baik dan guru yang terbaik. Selain itu, tidak semua guru sekolah memenuhi
standar. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk
mengkaji tantangan yang dihadapi oleh NCLB. Itu juga bermaksud untuk
menyelidiki implementasi NCLB yang ideal dan keefektifannya untuk siswa di
Amerika Serikat. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab dua pertanyaan: 1.
Seberapa efektif penerapan No Child Left Behind seperti yang ditayangkan di
media? 2. Apa dampak penerapan No Child Left Behind pada siswa Hispanik?
Penelitian ini menggunakan teori analisis wacana kritis dari Norman Fairclough
dan Jager dengan artikel berita sebagai sumber data. Artikel berita diambil
dari New York Times, USNews.com, Dailynews.com, Fivethirtyeight.com, dan CBS
News. Ditemukan bahwa NCLB masih bermasalah karena kesenjangan prestasi,
protes, dan kinerja rendah masih ada. Selain itu, masih adanya keyakinan yang
salah, diskriminasi, dan ketidakjujuran sebagai hambatan untuk mengatasi
kesalahan sosial dalam pelaksanaan NCLB. Beberapa strategi dapat mengatasi
masalah tersebut, seperti merevisi NCLB dan menggantinya dengan UU baru bernama
ESSA serta memberikan fleksibilitas terhadap negara bagian untuk mengatur
standard mereka sendiri.
NCLB
aimed to improve the education system of the United States. Every student in
America must have the same rights to get a quality education, which means that
the state is responsible for providing the community with fair, equitable, and
quality educational facilities. In reality, however, NCLB was not entirely
successful. While the law stipulated equality for underprivileged students,
wealthier students got better facilities and the best teachers. In addition,
not all school teachers met the standards. Based on these problems, this study
aims to examine the challenges faced by NCLB. It also intends to investigate
the ideal implementation of NCLB and its effectiveness for students in the
United States. This research was conducted to answer two questions: 1. How
effective is the implementation of No Child Left Behind, as shown in the media?
2. What are the impacts of the implementation of No Child Left Behind on
Hispanic students? This study uses the theory of Critical Discourse analysis
from Norman Fairclough and Jager with news articles as data sources. The news
articles were taken from the New York Times, USNews.com, Dailynews.com, Fivethirtyeight.com,
and CBS News. It is found that NCLB is still problematic because the
achievement gap, protest, and low performance were still present. In addition,
there were still wrong beliefs, discrimination, and dishonesty as the obstacles
to addressing social wrong in the implementation of NCLB. Some strategies could
solve these problems, such as revising NCLB by make a new law named ESSA and
giving the flexibility to each nation to set their standard.
Kata Kunci : NCLB, Analisis Wacana Kritis, implementasi, Efektivitas, Hispanik.