Laporkan Masalah

Analisis Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser pada Reputasi Perusahaan Tiket.com

Hardin Wildan Hakim, Sari Winahjoe Siswomihardjo, Dr., M.B.A.,

2023 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kredibilitas celebrity endorser pada reputasi perusahaan Tiket.com. Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan desain secara kuantitatif dengan metode pengambilan sampel nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Responden penelitian ini berjumlah 200 orang. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah mereka yang mengetahui Arief Muhammad dan pernah melihat iklan Tiket.com yang dibintangi oleh Arief Muhammad serta memiliki rentang usia dari 18-35 tahun. Pengujian validitas menggunakan validitas isi dan konstruk sedangkan pengujian reliabilitas dilakukan dengan Cronbach Alpha. Pengujian pengaruh antar variabel dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi kredibilitias seperti daya tarik, ketersukaan, keahlian, kepercayaan memengaruhi Arief Muhammad sebagai celebrity endorser pada reputasi perusahaan Tiket.com.

This study aims to analyze the influence of celebrity endorser credibility on the reputation of the Tiket.com company. The hypothesis in this study uses a quantitative design with a non-probability sampling method, namely purposive sampling. Respondents in this study amounted to 200 people. The criteria for respondents in this study were those who knew Arief Muhammad and had seen a Tiket.com advertisement starring Arief Muhammad and had an age range of 18-35 years. Validity testing uses content and construct validity while reliability testing is carried out with Cronbach alpha. Testing the influence between variabels in this study using multiple regression analysis. The results of this study indicate that the dimensions of credibility such as attractiveness, llikeability, expertise, trustworthiness influence Arief Muhammad as a celebrity endorser on the reputation of the Tiket.com company.

Kata Kunci : attractiveness, likeability, expertise, trustworthiness, company reputation, Tiket.com.

  1. S2-2023-484966-abstract.pdf  
  2. S2-2023-484966-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-484966-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-484966-title.pdf