Laporkan Masalah

Studi Fenomenologis Konsep Kebahagiaan Remaja Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa (CIBI)

CLARISA CAHYANTI P, Theresia Novi Poespita Candra, S.Psi., M.Si., Ph.D., Psikolog

2023 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Kebahagiaan menjadi hal penting dalam kehidupan manusia. Banyak manusia saling berlomba untuk mencapai kebahagiaan dalam hidup. Akan tetapi, definisi dan konsep kebahagiaan masih belum ditetapkan dengan jelas. Apalagi jika berkaitan dengan individu Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa (CIBI), masih sangat sedikit penelitian nasional maupun internasional terkait dengan kebahagiaan. Beberapa penelitian hanya membandingkan secara kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengeksplorasi dan memahami lebih mendalam konsep kebahagiaan remaja CIBI. Penelitian ini dilakukan menggunakan studi fenomenologis dengan jumlah 4 partisipan sesuai kriteria inklusi yang ditetapkan. Data penelitian dianalisis menggunakan metode Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa remaja CIBI mendefinisikan kebahagiaan sebagai perasaan senang dan emosi positif yang dipengaruhi oleh sebelas faktor, yaitu kesehatan, ekspresi emosi, kebutuhan, ekspektasi, quality time, pengetahuan, rasa percaya diri, aktivitas, pencapaian, keinginan, dan relasi sosial. Berbagai dampak positif juga dirasakan remaja dengan CIBI ketika mencapai kebahagiaan. Temuan dalam penelitian ini dapat menjadi gambaran bagi orang dewasa dalam mendukung tercapainya kebahagiaan remaja CIBI.

Happiness is an important aspect of human life. Many people compete with each other to achieve happiness in life. However, the definition and concept of happiness are still not clearly defined. Especially when it comes to gifted individuals, there is still very little national or international research related to happiness. Some studies only compare quantitatively. This research was conducted with the aim of exploring and understanding more deeply the concept of happiness in gifted youth. This research was conducted using a phenomenological study with a total of 4 participants according to the specified inclusion criteria. Research data were analyzed using the Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) method. Based on the results of the study, it was found that gifted adolescents define happiness as feelings of pleasure and positive emotions that are influenced by eleven factors, health, emotional expression, needs, expectations, quality time, knowledge, self-confidence, activities, achievements, desires, and relationships. social. Various positive impacts are also felt by gifted adolescents when they achieve happiness. The findings in this study can be an illustration for adults in supporting the achievement of adolescent happiness with gifted.

Kata Kunci : Fenomenologi, Gifted, Kebahagiaan, CIBI, Remaja

  1. S1-2023-445937-abstract.pdf  
  2. S1-2023-445937-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-445937-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-445937-title.pdf