Laporkan Masalah

Persepsi Anak Tanpa Disabilitas terhadap Pola Asuh Orang Tua dengan Disabilitas

QUEENTA AZZAHRA MAYO, Elga Andriana, S.Psi, M.Ed, Ph.D.

2023 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Kondisi pendidikan melalui pola asuh yang diterapkan oleh orang tua sangat umum dijumpai dalam masyarakat, begitu juga pada orang tua yang memiliki keterbatasan fisik dalam menjalankan perannya. Penelitian terdahulu banyak mengkaji mengenai pola asuh orang tua dengan disabilitas terhadap anak tanpa disabilitas dari sudut pandang orang tua. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dinamika pola asuh dari sudut pandang anak. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan metode wawancara terhadap dua partisipan. Hasil dari penelitian yang menggunakan metode analisis tematik ini menunjukkan bahwa faktor eksternal serta pembagian peran orang tua memengaruhi pola asuh yang diterapkan. Selain itu, pola asuh yang dijalani orang tua dengan disabilitas tak lepas dari bagaimana perhatian yang diberikan, hadiah dan hukuman yang diterapkan, pemenuhan kebutuhan, peraturan, serta keadaan pilih kasih yang dirasakan. Meskipun begitu, secara keseluruhan partisipan tetap memiliki pandangan positif terhadap pola asuh yang dijalani oleh orang tua terhadapnya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi strategi pemberian edukasi serta dukungan terhadap orang tua dengan disabilitas dalam mengasuh anak-anaknya.

The condition of education through parenting applied by parents is very common in society, as well as parents who have physical limitations in carrying out their roles. Previous research has examined the parenting style of parents with disabilities to children without disabilities from the parents' point of view. Therefore, this study aims to explore the dynamics of parenting from the child's point of view. This research was conducted using qualitative methods and a case study approach. Data in this study will be collected using the interview method with two participants. The results of this study using the thematic analysis method show that external factors and the distribution of parental roles influence the applied parenting style. In addition, the parenting style adopted by parents with disabilities is inseparable from how attention is given, rewards and punishments are applied, fulfillment of needs, rules, and perceived favoritism. Even so, as a whole, the participants still had a positive view of the parenting style that their parents underwent towards them. This research is expected to be a reference for strategies for providing education and support for parents with disabilities in raising their children.

Kata Kunci : disabilitas, orang tua, pola asuh

  1. S1-2023-440127-abstract.pdf  
  2. S1-2023-440127-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-440127-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-440127-title.pdf