Peran Kecemasan dan Efikasi Diri Terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Luar Biasa di Daerah Istimewa Yogyakarta
OSI LIVIA S, Restu Tri Handoyo, S.Psi, M.Psi., Ph.D., Psikolog
2023 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kecemasan mengajar dan efikasi diri guru terhadap motivasi kerja guru Sekolah Luar Biasa (SLB) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Partisipan dalam penelitian ini adalah 121 guru SLB di DIY dengan pengalaman mengajar minimal satu tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara langsung ke sekolah. Terdapat tiga skala yag digunakan dalam penelitian ini, yaitu Skala Motivasi Kerja, Teaching Anxiety Scale, dan Teacher's Sense of Efficacy Scale. Analisis data menggunakan teknik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan mengajar dan self-efficacy guru berperan signifikan terhadap motivasi kerja guru SLB di DIY (p<0.05; R2=0.514).
This study aims to determine the role of teaching anxiety and teacher's self-efficacy with work motivation of Sekolah Luar Biasa (SLB) teachers in Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). The participants in this study were 121 SLB teachers in DIY with at least one year teaching experience. This study used a quantitative method by sharing questionnaires directly with schools then the teachers filled them out. There are three scales used to measure the variables, Work Motivation Scale, Teaching Anxiety Scale, and the Teacher's Sense of Efficacy Scale. The analysis method used multiple linear regression techniques. The results showed that teaching anxiety and teacher's self-efficacy has a significance role the work motivation of SLB teachers in DIY (p<0.05; R2=0.514).
Kata Kunci : motivasi kerja, efikasi diri, kecemasan, Guru Sekolah Luar Biasa/work motivation, self-efficacy, anxiety, Sekolah Luar Biasa (SLB) teachers.