Laporkan Masalah

Dinamika Konsep Diri Pada Siswa Berprestasi Rendah (Low Achieving Student)

ARDILA VINDY SURYANI, Theresia Novi Poespita Candra, S.Psi.,M.Si.,Ph.D.,Psikolog

2023 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Siswa berprestasi rendah menjadi salah satu permasalahan utama di setiap sekolah. Penyebab rendahnya prestasi akademik sering dikaitkan dengan rendahnya kemampuan kognitif siswa. Pendidik jarang berfokus pada kemungkinan adanya aspek psikologis yaitu konsep diri. Penelitian terdahulu menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara konsep diri dan prestasi akademik. Sejalan dengan penelitian terdahulu, studi pendahuluan menunjukkan adanya hubungan antara indeks prestasi yang diperoleh siswa berprestasi rendah dengan konsep diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memahami gambaran dinamika konsep diri pada siswa remaja berprestasi rendah beserta faktor-faktor yang memengaruhi dan bagaimana kaitannya dengan prestasi akademik. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Pengambilan data menggunakan wawancara pada tiga partisipan dan significant other. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum ketiga partisipan memiliki konsep diri yang negatif. Hal ini dipengaruhi oleh perbedaan jenis kelamin, umpan balik yang diterima, pola asuh orangtua dan lingkungan sosial.

Low achieving students are one of the main problems in every school. The causes of low academic achievement is often associated with low cognitive abilities. Educators rarely focus on the possibility of psychological aspects such as self-concept. Previous research reported that there is a relationship between self- concept and academic achievement. In line with the previous research, preliminary study showed that there is a relationship between the GPA score obtained by low achieving student with their self-concept. This study aimed to identify the dynamics self-concept and how it relates to academic achievement. Qualitative approach using collective case study was used to examine the self-concept. Data were collected by in-depth interviewing three early adolescent participants and their significant other. The result of this study showed that all of participants had negative self-concept in general. It was influenced by several factors namely gender, feedback, parenting style and social environment.

Kata Kunci : Siswa Berprestasi Rendah, Konsep Diri, Remaja, Studi Kualitatif

  1. S1-2023-394373-abstract.pdf  
  2. S1-2023-394373-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-394373-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-394373-title.pdf