Laporkan Masalah

Tinjauan Yuridis Hubungan Hukum Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan Orang yang Bekerja di Teras Malioboro 1 dan Pelindungan BPJS Ketenagakerjaannya

ANASTASIA HILDA M, Susilo Andi Darma, S.H., M.Hum.

2023 | Skripsi | S1 HUKUM

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan hukum pelaku UMKM dengan orang yang bekerja di Teras Malioboro 1 dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelindungan hukum pemerintah atas hak jaminan sosial bagi pekerja UMKM di Teras Malioboro 1 baik yang di dalam maupun di luar hubungan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian yuridis empiris. Penelitian ini, data sekunder berupa bahan hukum primer, sekunder, dan tersier diperoleh melalui penelitian kepustakaan. Sedangkan, data primer didapatkan melalui penelitian lapangan dengan cara penyebaran kuesioner kepada responden dan melakukan wawancara kepada responden menggunakan pedoman wawancara. Analisis terhadap data yang terkumpul dari hasil penelitian dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan hukum yang terjadi antara pelaku UMKM dan orang yang bekerja di Teras Malioboro 1 adalah sebuah hubungan kerja. Berdasarkan jenis hubungan kerja dapat terbagi menjadi di dalam hubungan kerja dan di luar hubungan kerja. Adapun, jaminan sosial yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan melingkupi baik pekerja yang berada di dalam hubungan kerja maupun di luar hubungan kerja dengan jenis kepesertaan sebagai Penerima Upah dan Bukan Penerima Upah. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pelindungan hukum pemerintah atas hak jaminan sosial bagi pekerja UMKM di Teras Malioboro 1 terdiri dari pelindungan hukum preventif dan represif. Pelindungan hukum preventif berbentuk kegiatan sosialisasi dan pengiriman agen Perisai. Pelindungan hukum represif dapat berupa sanksi administratif dan pidana. Namun, berdasarkan penelitian baik pelindungan hukum secara preventif maupun represif belum berjalan secara maksimal.

The purpose of this research is to identify and analyze the legal relationship between MSMEs business actors and people who work in Teras Malioboro 1 in BPJS Ketenagakerjaan membership. In addition, this study also aims to identify and analyze the government's legal protection of social security rights for MSMEs workers in Teras Malioboro 1 both inside and outside the employment relationship. This research is descriptive research with empirical juridical research. In this research, secondary data such as primary, secondary, and tertiary legal materials were obtained through library research. Meanwhile, primary data was obtained through field research by distributing questionnaires to respondents and conducting interviews with respondents using interview guidelines. The collected data were analyzed qualitatively. The results of the research show that the legal relationship that occurs between MSMEs business actors and people who work in Teras Malioboro 1 is a working relationship. Based on the type of work relationship, it can be divided into inside work relations and outside work relations. Meanwhile, the social security offered by BPJS Ketenagakerjaan covers both workers who are inside work relations and outside work relations with the type of membership as Wage Recipients and Non-Wage Recipients. This research also shows that the government's legal protection of social security rights for MSMEs workers in Teras Malioboro 1 consists of preventive and repressive legal protection. Preventive legal protection takes the form of outreach activities and sending Perisai agents. Repressive legal protection can be in the form of administrative and criminal sanctions. However, based on research both preventive and repressive legal protection have not run optimally.

Kata Kunci : Hubungan Kerja, UMKM, Jaminan Sosial, BPJS Ketenagakerjaan, Pelindungan Hukum.