Peran Kesepian Dan Kehadiran Dukungan Sosial Pada Hasil Akademik Mahasiswa Rantau di UGM
NURLI HAYANI, Tri Hayuning Tyas
2023 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIMahasiswa baru perkuliahan dapat memicu stress. Penelitian ini menuki pengaruh dari rasa kesepian dan dukungan sosial pada hasil akademik mahasiswa baru di UGM dengan rentang usia 18-21 tahun. Sebanyak 180 responden dipilih dengan convenience sampling. Partisipan kuesioner mengisi skala MSPSS untuk mengukur dukungan sosial dan UCLA Loneliness Scale version 3 yang digunakan untuk mengukur kesepian. Hasil regresi linear berganda bahwa baik dukungan dan kesepian secara terpisah tidak berpengaruh pada hasil akademik mahasiswa baru UGM. Sedangkan uji F ditemukan bahwa dukungan sosial dan kesepian memiliki pengaruh terhadap hasil akademi mahasiswa (P<0,05). Kemudian, ditemukan bahwa dukungan sosial dan kesepian dapat memprediksi mempengaruhi hasil akademik mahasiswa baru rantau UGM secara stimultan sebesar 3,8% (R2=0,038).
For some new students, college can trigger stress. This research examines the effect of loneliness and social support on the academic results of new students at UGM with an age range of 18-21 years. A total of 180 respondents were selected by convenience sampling. Questionnaire participants filled out the MSPSS scale to test social support and the UCLA Loneliness Scale version 3, used to test loneliness. The results of multiple linear regression separately do not affect the academic outcomes of UGM new students. In comparison, the F test found that social support and loneliness influence student academic results (P< 0,05). Then, it was found that social support and loneliness could predictably influence the academic outcomes of new UGM students simultaneously by 3.8% (R2=0.038).
Kata Kunci : Kesepian, Dukungan sosial, Hasil akademik