DAMPAK CIRCLE TIME PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI YOGYAKARTA
CAMELIA PUSPITASARI, T. Novi Poespita Candra, S.Psi., M.Si., Ph.D., Psikolog
2023 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIPentingnya mengembangkan keterampilan sosio-emosional menjadi dasar pada individu dalam memahami diri dan lingkungannya secara objektif, positif, dan dinamis. Aktivitas circle time telah digunakan di setting pendidikan untuk membantu siswa dalam mengatasi permasalahan yang dialami, mengembangkan diri, memahami emosi, dan mampu meningkatkan self-esteem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak circle time pada siswa SMA di Yogyakarta. Dasar teori dalam penelitian ini adalah teori kecerdasan emosi yang dikembangkan oleh Goleman (1998). Partisipan dalam penelitian ini adalah 45 siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Yogyakarta. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan metode analisis tematik menggunakan bantuan software NVivo 12 for Windows 1.7. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa aktivitas circle time yang dilakukan oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Yogyakarta mampu menjadi media untuk membantu siswa dalam meningkatkan kecerdasan emosinya.
The importance of developing socio-emotional skills is the basis for individuals to understand themselves and their social environment objectively, positively, and dynamically. Circle time activities have been used in educational settings to help students overcome their problems, increase self-improvement, be aware of emotions, and increase self-esteem. This study aims to know the impact of circle time in Yogyakarta high school students. The theoretical basis in this study is the theory of emotional intelligence developed by Goleman (1998). Participants in this study were 45 high school students in Yogyakarta. Thematic analysis methods using NVivo 12 for Windows 1.7 were used in this study. The outcome of the study found that circle time was able to help students improve their emotional intelligence.
Kata Kunci : circle time, kecerdasan emosi, siswa / circle time, emotional intelligence, students