Laporkan Masalah

HUBUNGAN KOMUNITAS PERUSAHAAN TRANSPORTASI ONLINE LOKAL (STUDI KASUS PT JOGJAKITA MULTI ANDALAN DENGAN MITRA APLIKASI JOGJAKITA)

PATRICIA ANGELINA P, Adam Wijoyo Sukarno, S.IP., M.A.

2023 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Hubungan komunitas merupakan kegiatan kehumasan yang dilakukan perusahaan untuk membina relasi mutual dengan komunitas yang berdampak dalam operasionalisasi bisnisnya. PT Jogjakita Multi Andalan sebagai salah satu perusahaan rintisan lokal yang bergerak di bidang platform digital melakukan program hubungan komunitas dengan menyasar pada komunitas mitra aplikasi Jogjakita. Penelitian ini berfokus untuk mencari tahu praktik hubungan komunitas yang dilakukan perusahaan teknologi lokal, yaitu PT Jogjakita Multi Andalan terhadap komunitas mitra aplikasi Jogjakita. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus tunggal holistik, dengan berpedoman pada teori praktik hubungan komunitas milik Cutlip dan Center. Dari banyaknya program hubungan komunitas yang telah dilakukan PT Jogjakita Multi Andalan, pada dasarnya terdapat tiga kategori program, yaitu program hubungan komunitas yang didasarkan pada bidang edukasi, apresiasi, dan promosi. PT Jogjakita Multi Andalan menerapkan teori praktik hubungan komunitas milik Cutlip dan Center yang meliputi praktik identifikasi masalah, praktik perencanaan dan penyusunan program, praktik aksi dan komunikasi, dan praktik evaluasi. Hasil analisis dari data wawancara dengan tiga narasumber, observasi peneliti, serta studi pustaka, ditemukan bahwa terdapat perbedaan antara praktik hubungan komunitas yang dilakukan PT Jogjakita Multi Andalan dengan teori hubungan komunitas Cutlip dan Center. Beberapa perubahan ini merupakan upaya perusahaan untuk menyesuaikan teori yang sudah ada dengan kenyataan yang ada di lapangan, sehingga perusahaan dapat mempertahankan bisnisnya di pasar ekonomi nasional.

Community relations are public relations activities carried out by companies to foster mutual relations with communities that have an impact on their business operations. PT Jogjakita Multi Andalan as a local start-up company engaged in the digital platform industry is conducting a community relations program targeting the Jogjakita application partner community. This research focuses on finding out community relations practices carried out by PT Jogjakita Multi Andalan towards the Jogjakita application partner community. This research uses a single holistic case study method, guided by Cutlip and Center's theory of community relations practice. From various community relations programs that have been carried out by PT Jogjakita Multi Andalan, basically there are three categories of programs, which is programs based on education, appreciation and promotion. PT Jogjakita Multi Andalan applies Cutlip and Center's community relations practice theory which includes problem identification practice, planning and programming practice, action and communication practice, and evaluation practice. The results of the analysis of data from interviews with three informants, research process, observations, and literature studies, found that there are differences between community relations practices carried out by PT Jogjakita Multi Andalan and Cutlip and Center's community relations theory. Some of these changes are the company's efforts to adapt existing theories to the realities on the ground, so that the company can maintain its business in the national economic market.

Kata Kunci : community relations, partner community, local companies, digital platform

  1. S1-2023-439426-Abstract.pdf  
  2. S1-2023-439426-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-439426-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-439426-Title.pdf