Laporkan Masalah

Pengaruh Permainan Ular Tangga setelah Pemberian Edukasi Kesehatan Gigi dengan Media Power Point Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi Siswa Kelas IV (Kajian pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3, 9 dan 19 Bireuen, Aceh)

HAYATUNNUFUS, drg. Lisdrianto Hanindriyo MPH., Ph. D; Dr. drg. Sri Widiati, MPH

2023 | Tesis | MAGISTER ILMU KEDOKTERAN GIGI

Latar belakang: Edukasi kesehatan gigi ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku. Media edukasi kesehatan diantaranya adalah power point dan permainan ular tangga. Program edukasi kesehatan gigi dan mulut berbasis sekolah yang menggunakan berbagai metode efektif dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut, sikap dan juga perilaku yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga setelah pemberian edukasi kesehatan gigi dengan media power point terhadap pengetahuan dan perilaku siswa kelas IV. Metode penelitian: Penelitian ini adalah eksperimental semu dengan rancangan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian berjumlah 100 orang responden yang dibagi menjadi dua kelompok; siswa kelas IV MIN 3 Bireuen (50 siswa),sebagai kelompok intervensi yang diberikan edukasi menggunakan media power point yang disertai dengan permainan ular tangga. Siswa kelas IV MIN 9 (26 siswa) dan MIN 19 (24 siswa) sebagai kelompok kontrol diberikan edukasi menggunakan media power point. Setiap kelompok penelitian diberikan pendidikan kesehatan gigi selama empat kali dan dilakukan penilaian menggunakan kuesioner terkait pengetahuan dan perilaku pada pre-test, post-test I (setelah 1 bulan) dan post-test II (setelah 3 bulan). Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney dan Wilcoxon. Hasil: Perbedaan selisih pengetahuan antara kelompok intervensi dan kontrol pada post-test II ke post-test I dan post-test II ke pre-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan pengetahuan antar kedua kelompok dengan nilai (p= 0,008 dan 0,002). Skor pengetahuan pada kelompok intervensi lebih meningkat dibanding kelompok kontrol. Hasil analisis perbedaan selisih perilaku antar kedua kelompok tidak menunjukkan nilai yang signifikan (p>0,05). Kesimpulan: Permainan ular tangga setelah pemberian edukasi kesehatan gigi dengan media power point lebih meningkatkan pengetahuan akan tetapi tidak lebih meningkatkan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada siswa kelas IV.

Background: Dental health education aims to improve the knowledge and behavior. Health education medias include power point and snakes and ladders games. School-based oral health education programs using various methods are effective in improving oral health, attitudes and behaviors related to oral health. The objective of this study was to determine the effect of snakes and ladders game after providing health education with power point media on the knowledge and behavior of fourth grade students. Research method: This research is a quasi-experimental with pretest-posttest control group design. The subjects of the study were 100 students and divided into two groups; fourth grade students of MIN 3 Bireuen (50 students), as the intervention group, were given education using power point media followed by snakes and ladders game and fourth grade students of MIN 9 (26 students) and MIN 19 (24 students) as the control group were given education using power point media. Each research group was educated with dental health education for four times and assessed using questionnaires related to knowledge and behavior at pre-test, post-test I (after 1 month) and post-test II (after 3 months). The Mann Whitney and Wilcoxon tests were used to analyze the data. Results: There is a difference of knowledge between the intervention and control groups in post-test II to post-test I and post-test II to pre-test showing a significant difference with values (p = 0.008 and 0.002). Knowledge scores in the intervention group increased significantly compared to the control group. In the behavior variable, the difference between the two groups did not show a significant difference (p>0.05). Conclusion: Snakes and ladders game after providing dental health education with power point media increases knowledge but does not further improve oral health behavior of fourth grade students.

Kata Kunci : permainan ular tangga, pengetahuan, perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut.

  1. S2-2023-466306-abstract.pdf  
  2. S2-2023-466306-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-466306-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-466306-title.pdf