Accessibility and Quality Service of Public services for People with Disabilities: Analysis in Bandung City
YASMIN ZAHRA H, Agus Heruanto Hadna, Dr., M.Si
2023 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIKPenelitian ini diawali dengan permasalahan terkait pelayanan publik bagi penyandang disabilitas yang terjadi di Kota Bandung. Penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan orang lain dalam mengakses fasilitas dan layanan publik. Penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan masyarakat pada umumnya untuk mendapatkan akses pelayanan publik. Untuk memfasilitasi pelayanan bagi penyandang disabilitas, pemerintah perlu memaksimalkan aksesibilitas pelayanan publik yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Kualitas pelayanan publik yang diberikan kepada penyandang disabilitas dalam kaitannya dengan Inovasi Pelayanan Publik di Kota Bandung dan aksesibilitas fasilitas. Pelayanan publik bagi penyandang disabilitas meliputi pemenuhan kebutuhan dasar baik fisik maupun non fisik untuk membuat hidup mereka lebih mudah dan lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu, baru dapat dikatakan memadai apabila aksesibilitas dan kualitas pelayanan publik cukup tersedia bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aksesibilitas dan kualitas pelayanan bagi masyarakat disabilitas serta melihat persepsi masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan kepada mereka. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara mendalam yang bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi dan aksesibilitas, kualitas pelayanan yang juga dapat mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Adapun hasil kajian Aksesibilitas pelayanan publik belum banyak memiliki fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas, dan masih banyak fasilitas dan pelayanan publik yang perlu ditingkatkan. Hasilnya menunjukkan berbagai keluaran responden dengan kekhawatiran dan kekhawatiran yang berbeda mengenai aksesibilitas dan kualitas layanan yang mereka hadapi. Hasil temuan dapat disimpulkan bahwa perlu untuk meningkatkan atau secara efektif menyampaikan prinsip-prinsip profesionalisme, integritas, dan etika perangkat pemerintah dengan melibatkan pihak-pihak terkait. Karena sebaik apapun pelayanan publik dirancang, jika dilakukan oleh individu yang tidak memiliki integritas dan keyakinan etis, tidak akan berhasil, efisien, atau murah. Kebijakan digunakan saat membuat kebijakan, tetapi tidak pernah diterapkan. Penting untuk memperkuat Kebijakan Publik tentang Hak Masyarakat Difabel dan Hak Penuh untuk pelayanan publik yang strategis, aman, dan baik bagi semua masyarakat. Dengan demikian, kualitas layanan yang baik berarti hasil yang baik dan memberikan layanan publik yang baik bagi penyandang cacat dapat menjamin kemudahan hidup masyarakat.
This Research begins with the problems related to public services for person with disabilities that happen in Bandung City. Persons with disabilities have the same rights as other people in accessing public facilities and services. Persons with disabilities have the same rights as the society in general to get access to public services. To facilitate services for persons with disabilities, the government needs to maximize the accessibility of existing public services. The purpose of this study is to analyse the Quality of public services provided for the disabled with the connection of Public Services Innovations at Bandung City and the accessibility of the facilities. Public services for disability involves the fulfilment of basic physical or non- physical needs to make their lives easier and better than before. Therefore, it can only be stated to be adequate if the accessible and the quality of public services are sufficiently available for the community. This study aims to analyse the accessibility and Quality services for the disability community as well as looking out the community perceptions over the services provided for them. This approach of this study is descriptive qualitative by conducting observation, in-depth interviews which aims to describe the condition and accessibility, quality service that also could affect community satisfaction of public services. As for the result of the study, The accessibility of public services does not have many special facilities for persons with disabilities, and many public facilities and services still need to be improved. The result shows various outputs of respondents with different worries and concerns regarding the accessibility and the quality of services they each faced. Result findings can be concluded that it is necessary to enhance or effectively convey the government machinery's professionalism, integrity, and ethical principles while involving relevant parties. Because no matter how well a public service is designed, if it is carried out by individuals who lack integrity and ethical beliefs, it will not be done so successfully, efficiently, or inexpensively. Policies are used while creating policies, but they are never put into action. It is important to strengthen Public Policy on the Rights of Disabled Communities and Full Rights for strategic, safe, good public services for all communities. With that said, good quality services mean good outcomes and providing good public services for the disabled can guarantee the ease of community life.
Kata Kunci : Disability, Public Service, Accessibility, Quality