Laporkan Masalah

Peranan Komisi Pengawas Persaingan Usaha dalam Pengawasan dan Penegakan Hukum terhadap Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat pada Sektor Ekonomi Digital di Indonesia

RIZKI OLIVIA PUTRI, Dina Widyaputri Kariodimedjo, S.H., LL.M., Ph.D.

2023 | Skripsi | S1 HUKUM

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi pengaturan yang komprehensif mengenai hukum persaingan usaha dalam sektor ekonomi digital di Indonesia serta mengetahui peran Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam melakukan pengawasan dan penegakan hukum terhadap praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat pada sektor ekonomi digital. Penelitian ini bersifat normatif empiris. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari studi dokumen dan sumber kepustakaan serta data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan responden dan narasumber ahli. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan disajikan dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UU No. 5 Tahun 1999 sangat urgen untuk diamandemen sebagai upaya jangka panjang guna menciptakan peraturan hukum yang komprehensif serta menjamin kepastian hukum. Selanjutnya, sebagai upaya jangka pendek dan menengah, penguatan kewenangan KPPU dalam pengawasan dan penegakan hukum terhadap sektor ekonomi digital secara pararel perlu ditingkatkan.

This study aims to analyze the urgency of comprehensive regulation of business competition law in the digital economy sector in Indonesia and to determine the role of the KPPU in conducting supervision and law enforcement of monopolistic practices and unfair business competition in the digital economy sector. This research is normative empirical. The data used in this research are secondary data obtained from document studies and literature sources and primary data obtained from interviews with respondents and expert informant. The data obtained is analyzed qualitatively and presented with descriptive method. The results show that Law Number 5 of 1999 is urgent to be amended as a long-term effort to create comprehensive legal regulations and ensure legal certainty. Furthermore, as a short and medium term effort, the strengthening of KPPU's authority in supervision and law enforcement of the digital economy sector in parallel needs to be improved.

Kata Kunci : Ekonomi Digital, Persaingan Usaha, Pengawasan, Urgensi

  1. S1-2023-412186-abstract.pdf  
  2. S1-2023-412186-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-412186-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-412186-title.pdf