Laporkan Masalah

ANALISIS BRAND EQUITY STREET BOBA DI YOGYAKARTA

M IMADURRISALAH H, Ibnu Wahid Fakhrudin.A; Makhmudun Ainuri

2023 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Beragamnya merek dagang minuman boba dapat memberikan pilihan yang variatif bagi konsumen dalam membeli minuman boba. Saat ini persaingan pada pemasaran tidak hanya terbatas pada atribut fungsional produk saja seperti kegunaan produk tetapi sudah dikaitkan dengan brand yang mampu memberikan citra khusus pada penggunanya. Street Boba adalah minuman dengan variasi rasa ala Jepang yang merupakan brand minuman lokal yang memfokuskan diri untuk menyajikan berbagai varian minuman dengan boba brown sugar sebagai bahan utamanya. Pengukuran ekuitas merek dilakukan dengan penyebaran kuesioner yang melibatkan 100 konsumen yang pernah membeli dan mengkonsumsi produk Street Boba. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Tingkat kepuasan konsumen terhadap ekuitas merek Street Boba diukur dengan mencari Customer Satisfaction Index (CSI), dan atribut ekuitas merek yang membutuhkan perbaikan dicari dengan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai kepuasan konsumen berdasarkan nilai CSI yang diperoleh sebesar 74,42% dan termasuk dalam kriteria Puas, karena memiliki nilai lebih dari 60% namun kurang dari sama dengan 79,99%. Sedangkan dari hasil pemetaan Importance Performance Analysis (IPA), diketahui bahwa atribut �Tidak ada produk Street Boba yang cacat�, �Desain kemasan Street Boba menarik�, dan �Harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas produk Street Boba� memiliki nilai kinerja yang rendah tetapi memiliki nilai kepentingan yang tinggi sehingga merupakan prioritas utama yang harus diperbaiki oleh Street Boba. Saran dan rekomendasi perbaikan untuk ketiga atribut adalah Street Boba melakukan quality control pada saat memproduksi minuman Street Boba, dan melakukan pengecekan pada bahan baku produksi yang digunakan, melakukan pengembangan inovasi desain kemasan pada minuman Street Boba, Perusahaan melakukan penyesuaian SOP yang diorientasikan dengan kenyamanan pelanggan, Peninjauan ulang terhadap harga pokok produksi atau HPP serta penetapan margin pada produk Street boba.

The variety of boba drink trademarks can provide a varied choice for consumers in buying boba drinks. Currently, competition in marketing is not only limited to functional attributes of the product, for example, such as product usability but has been associated with brands that can provide a special image to their users. Street Boba is a drink with a variety of Japanese-style flavours that is a local beverage brand that focuses on serving various variants of drinks with boba brown sugar as the main ingredient. The measurement of brand equity was carried out by distributing a questionnaire filled out by 100 respondents, the respondents were consumers who had bought and consumed Street Boba products. Sampling is carried out by purposive sampling technique. The level of consumer satisfaction with Street Boba's brand equity is measured by searching the Customer Satisfaction Index (CSI), and brand equity attributes in need of improvement are sought by Importance Performance Analysis (IPA). The results of this study indicate that the value of consumer satisfaction based on the CSI value obtained is 74.42% and is included in the Satisfaction criteria, because it has a value of more than 60% but less than equal to 79.99%. Meanwhile, from the Importance Performance Analysis (IPA) mapping results, it is known that the attributes "There are no defective Street Boba products", "Street Boba packaging design is attractive", and "The price offered is in accordance with the quality of Street Boba products" have a low performance value but has a high importance value so that it is a top priority that must be repaired by Street Boba. Suggestions and recommendations for improvement for the three attributes are that Street Boba carries out quality control when producing Street Boba drinks, and checks the production raw materials used, develops packaging design innovations for Street Boba drinks, the company adjusts SOPs oriented to customer convenience, Review of the cost of production or HPP and the determination of margins on Street boba products.

Kata Kunci : brand equity, street boba, customer satisfaction index (CSI), importance performance analysis (IPA).

  1. S1-2023-429158-Abstract.pdf  
  2. S1-2023-429158-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-429158-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-429158-title.pdf