Laporkan Masalah

Tinjauan Yuridis Penerapan Asas Ketertiban Umum dalam Membatalkan Keberlakuan Hak yang Diperoleh (Vested Right) Berdasarkan Hukum Perdata Internasional Indonesia (Studi Kasus Putusan Pengadilan No. 636/Pdt.G/2020/PN.Sby)

RINGGA ARDIANSYAH, Annisa Syaufika Yustisia Ridwan, S.H., M.H.

2023 | Skripsi | S1 HUKUM

Penelitian hukum ini bertujuan untuk menganalisis keberlakuan hak-hak yang diperoleh dari perkawinan Soegiharto dengan penggugat II dan mengetahui pertentangan keberlakuan hak-hak yang diperoleh dari perkawinan Soegiharto dan penggugat II terhadap asas ketertiban umum di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif yang bersifat deskriptif. Penelitian normatif dilakukan melalui penelitian kepustakaan untuk memperoleh data sekunder melalui berbagai jenis bahan hukum. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kasus (case approach) melalui telaah dan analisis terhadap suatu kasus yang telah menjadi suatu putusan pengadilan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama bahwa keberlakuan hak-hak yang diperoleh dari perkawinan Soegiharto dengan penggugat II di Republik Tiongkok pada tahun 1980 tidak dapat diakui atau dilanjutkan keadaan hukumnya di Indonesia dengan alasan bahwa pengakuan atau pelaksanaan hak-hak yang didapatkan dari hukum asing akan melanggar ketertiban umum di Indonesia. Kedua, pertentangan hak-hak yang diperoleh dengan asas ketertiban umum dapat dilihat dari pemaknaan ketertiban umum yang digunakan oleh majelis hakim untuk mengesampingkan keberlakuan hak-hak yang diperoleh yaitu dengan menerapkan ketertiban umum yang terdapat di dalam peraturan perundang-undangan dan ketertiban umum dalam artian nilai-nilai kesusilaan.

This legal research aims to analyze the applicability of the rights obtained from the marriage of Soegiharto with Plaintiff II and to find out the conflict between the enforceability of the rights obtained from the marriage of Soegiharto and Plaintiff II against the principle of public order in Indonesia. This research is normative juridical research that is descriptive in nature. Normative research is carried out through library research to obtain secondary data through various legal materials. This study also uses a case approach through review and analysis of a case that has become a court decision. The conclusion of this research is first that the enforceability of the rights obtained from the marriage of Soegiharto marriage and Plaintiff II in the Republic of Tiongkok in 1980 cannot be recognized or continued under the law in Indonesia because recognition or exercise of rights obtained from foreign law would violate public order in Indonesia. Second, the conflict of vested right against public order could be seen from public order meaning used by Panel of Judges to overrule the enforceability of the rights obtained by implementing public order contained in applicable laws and public order in the sense of moral values.

Kata Kunci : Ketertiban Umum, Hak-Hak yang Diperoleh, Perkawinan Asing, Perkawinan Poligami, Pembatalan Perkawinan, Asas Nasionalitas.