Laporkan Masalah

Green Advertising and Consumer Perception (Correlational Study Survey Between Garniers Green Advertising and Indonesian Generation Z Consumers Perception)

AKBARI JAKA UTAMA, Lisa Lindawati, S.I.P., M.A.

2023 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Kesadaran masyarakat akan isu lingkungan yang semakin meningkat, menyebabkan peningkatan permintaan akan praktik bisnis yang lebih ramah lingkungan, terutama bagi perusahaan-perusahaan besar. Pada tahun 2019, Garnier secara global mengubah strategi pemasarannya menjadi green marketing yang diberi nama Garnier Green Beauty. Untuk membangun persepsi yang tepat di benak Generasi Z di Indonesia, Garnier menggunakan salah satu komponen dari komunikasi pemasaran hijau, yaitu green advertising, dalam strategi pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara green advertising Garnier dengan persepsi konsumen Generasi Z di Indonesia. Selain itu, pengetahuan lingkungan juga dianalisis untuk mengetahui hubungannya dengan persepsi konsumen terhadap iklan hijau. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif melalui survei daring yang disebarkan kepada 441 responden dari tujuh kota dengan jumlah perguruan tinggi terbanyak di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Korelasi Pearson dan analisis deskriptif responden dilakukan untuk mencari hubungan korelasi antar variabel. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara iklan hijau Garnier terhadap pembentukan persepsi konsumen. Temuan ini disebabkan oleh kepercayaan dan penerimaan responden terhadap klaim dan informasi yang ada di dalam iklan Garnier.

Public awareness on environmental issues which has rapidly escalated, causing an increase in demand for more environmentally friendly business practices, especially for larger companies. In 2019, Garnier globally changed its marketing strategy to green marketing, which is named Garnier Green Beauty. To build the right perception in the minds of Generation Z in Indonesia, Garnier uses a component of green marketing communication, namely green advertising, in its marketing strategy. This study aims to study the correlation between Garnier's green advertising and Indonesian Generation Z consumers' perception. In addition, environmental knowledge was also analyzed to figure out its relation to consumers' perceived green advertising. This study was conducted quantitatively through an online survey distributed to 441 respondents from seven cities with the largest number of university institutions under the Ministry of Education and Culture, including DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, and the Special Region of Yogyakarta. Pearson correlation and respondent descriptive analyzes were performed to find correlation relationships between variables. Data processing indicated that there is a very strong and significant correlation between Garnier's green advertising on the formation of consumer perceptions. This finding was caused by respondents' trust and acceptance of the claims and information in the Garnier advertisements.

Kata Kunci : green advertising, consumer perception, environmental knowledge, Garnier, generation z

  1. S1-2023-440501-bibliography.pdf  
  2. S1-2023-440501-tableofcontent.pdf  
  3. S1-2023-440501-title.pdf