Laporkan Masalah

Pengaruh Kredibilitas Esports Streamer pada Sikap Merek yang Diiklankan dengan Hubungan Parasosial dan Loyalitas Esports Streamer sebagai Variabel Mediasi

M HANIEF HANANI P, Basu Swastha Dharmmesta, Prof. Dr., M.B.A.

2023 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kredibilitas esports streamer pada sikap merek dengan hubungan parasosial dan loyalitas esports streamer sebagai variabel mediasi. Metode sampling yang digunakan adalah penyampelan non probabilitas dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data primer dengan kuesioner. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 240 responden yang berumur minimal 17 tahun, memiliki minat terhadap gim esports, telah mengikuti salah satu esports streamer favoritnya di media sosial, dan masih menonton live streaming esports streamer favoritnya. Metode penelitian yang digunakan berupa analisis jalur dengan teknik analisis data SEM dan alat analisis AMOS. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif kredibilitas esports streamer pada sikap merek, pengaruh positif kredibilitas esports streamer pada hubungan parasosial, pengaruh positif hubungan parasosial pada loyalitas esports streamer, pengaruh positif loyalitas esports streamer pada sikap merek, hubungan parasosial dan loyalitas esports streamer sebagai mediasi secara parsial pada pengaruh positif kredibilitas esports streamer pada sikap merek.

This research aims to analyze the influence of esports streamer credibility on brand attitude with parasocial relationship and esports streamer loyalty as mediating variables. The sampling method used is a non-probability sampling by purposive sampling technique. Methods of collecting primary data is by questionnaire. The primary data used in this study were 240 respondents who were at least 17 years old, had an interest in esports games, had followed one of their favorite esports streamers on social media, and still watched live streaming of their favorite esports streamers. The research method used is in the form of path analysis with SEM data analysis techniques and AMOS analysis tools. The results show a positive influence esports streamer credibility on brand attitudes, a positive influence esports streamer credibility on parasocial relationships, a positive influence parasocial relationships on streamer loyalty, a positive influence streamer loyalty on brand attitudes, parasocial relationships and streamer loyalty as mediation partially of positive influence esports streamer credibility on brand attitudes.

Kata Kunci : kredibilitas, hubungan parasosial, loyalitas, sikap merek, pemasaran, credibility, parasocial relationship, loyalty, brand attitude, structural equation modeling, marketing