Laporkan Masalah

TINJAUAN TERHADAP PERJANJIAN PENGADAAN BARANG DAN JASA ANTARA SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN SLEMAN DENGAN CV. ELANG JAYA PUTRA (Studi Kasus Surat Perintah Kerja Nomor: 027/506/SPK/4.02.0.00.0.00.01/VIII/2021)

AFINI IRMASOFIYANI, Prof. Dr. Ari Hernawan, S.H., M. Hum.

2023 | Skripsi | S1 HUKUM

Penelitian hukum ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan perjanjian pengadaan barang dan jasa antara Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman dengan CV. Elang Jaya Putra serta mengetahui dan menganalisis perwujudan asas keseimbangan pada perjanjian pengadaan barang dan jasa antara Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman dengan CV. Elang Jaya Putra yang dituangkan dalam bentuk Surat Perintah Kerja Nomor: 027/506/SPK/4.02.0.00.0.00.01/VIII/2021. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris dan bersifat deskriptif analitis. Penelitian ini dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder melalui berbagai bahan hukum primer, sekunder, tersier dengan alat berupa studi dokumen dan penelitian lapangan untuk mendapatkan data primer yang dilakukan dengan cara wawancara kepada subyek penelitian mempergunakan alat berupa pedoman wawancara. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan pertama, pelaksanaan perjanjian pengadaan barang dan jasa antara Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman dengan CV. Elang Jaya Putra belum memenuhi Pasal 52 ayat (1) huruf c Perpres No. 16 Tahun 2018 yaitu mengenai pemberian uang muka dalam pelaksanaan kontrak namun Surat Perintah Kerja Nomor: 027/506/SPK/4.02.0.00.0.00.01/VIII/2021 sudah memenuhi syarat sahnya perjanjian menurut Pasal 1320 KUHPerdata. Kedua, Perwujudan asas keseimbangan pada perjanjian pengadaan barang dan jasa antara Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman dengan CV. Elang Jaya Putra yang dituangkan dalam bentuk Surat Perintah Kerja Nomor 027/506/SPK/4.02.0.00.0.00.01/VIII/2021 belum terwujud optimal.

This legal research aims to find out and analyze implementation of the goods and services procurement agreement between Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman and CV. Elang Jaya Putra and to analyze the principle of balance in the goods and services procurement agreement between Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman and CV. Elang Jaya Putra which outlined in Work Order Letter Number: 027/506/SPK/4.02.0.00.0.00.01/VIII/2021. This was a juridical-empirical research. This research was carried out through library research in order to obtain with secondary data obtained from primary, secondary, tertiary legal materials with a guidelines with a document study tool and field research to obtain primary data by interviewing research subjects with a tool in the form of interview guidelines. The results of the research data were analyzed qualitatively and presented descriptively. The result of the study concluded, first, the implementation of the goods and services procurement agreement between Sekretariat DPRD Kabupaten Sleman and CV. Elang Jaya Putra has not been fulfilled the Article 52 paragraph (1) letter c of Presidential Regulation Number 16 of 2018 in regard to making advance payment in the implementation of contract, however, the Work Order Letter Number: 027/506/SPK/4.02.0.00.0.00.01/VIII/2021 has fulfilled the legal requirements of the agreement as regulated in Article 1320 of the Civil Code. Second, the principle of balance in the goods and services procurement agreement which outlined in Work Order Letter Number: 027/506/SPK/4.02.0.00.0.00.01/VIII/2021 has not been optimally implemented.

Kata Kunci : Perjanjian, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, Surat Perintah Kerja, Asas Keseimbangan

  1. S1-2023-423692-abstract.pdf  
  2. S1-2023-423692-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-423692-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-423692-title.pdf