EVALUASI KELAYAKAN PERLINTASAN SEBIDANG (Studi Kasus : Perlintasan Sebidang di Jalan HOS Cokroaminoto, Kota Yogyakarta)
MUHAMMAD BAYU F, Prof. Ir. Sigit Priyanto, M.Sc., Ph.D.
2023 | Skripsi | S1 TEKNIK SIPILPerlintasan sebidang sering kali menimbulkan konflik antara kereta api dan kendaraan yang melintas. Salah satu perlintasan sebidang yang ada di Indonesia adalah perlintasan sebidang yang berada di Jalan Hos Cokroaminto, Tegalrejo, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perlintasan ini merupakan perlintasan sebidang dengan palang. Frekuensi kereta api yang melintas pada perlintasan ini cukup besar sehingga berdampak pada tertundanya arus lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan kinerja arus lalu lintas dari perlintasan sebidang yang berada di Jalan Hos. Cokroaminoto dengan melihat kesesuainya dengan syarat dan peraturan yang berlaku. Evaluasi kelayakan perlintasan sebidang di Jalan HOS Cokroaminoto dilakukan dengan membandingkan kondisi eksisting perlintasan dengan pedoman teknis dan peraturan yang berlaku di Indonesia. Pada penelitian ini dilakukan analisis kondisi perlintasan dengan peraturan dan juga kondisi arus lalu lintas kendaraan. Untuk kondisi perlintasan digunakan peraturan yang mengatur tentang perlintasan sebidang di Indonesia yaitu dari Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomer SK.770/KA.401/DRDJ/2005 tentang Pedoman Teknis Perlintasan Sebidang Antara Jalan Dengan Jalur Kereta Api. Sedangkan untuk analisis arus lalu lintas digunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997 untuk jalan perkotaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari pengamatan di lapangan seperti kondisi eksisting perlintasan, lama penutupan perlintasan dan volume lalu lintas. Data primer didapat dengan melakukan pengamatan langsung di Perlintasan Sebidang HOS Cokroaminoto selama 2 jam saat jam sibuk yaitu pada pukul 16.00-18.00 selama 3 hari kerja, yaitu pada Kamis, 1 Desember 2022, Jumat 2 Desember 2022, dan Senin 5 Desember 2022. Setelah mendapatkan data yang diperlukan dilakukan analisis dengan meninjau kesesuaian perlintasan sebidang dengan peraturan, analisis kapasitas jalan, kecepatan arus bebas, derajat kejenuhan dan akibat yang dari pentupan perlintasan terhadap kondisi lalu lintas. Hasil yang didapatkan dari evaluasi perlintasan sebidang dan analisa arus lalu lintas di perlintasan sebidang Jalan HOS Cokroaminoto diperoleh beberapa persyaratan perlintasan sebidang tidak memenuhi syarat SK.770/KA.401/DRDJ/2005. Kemudian untuk kinerja arus lalu lintas disekitar perlintasan tergolong baik dengan derajat kejenuhan pada arah selatan dan utara secara berturut-turut adalah 0,737 dan 0,662. Sehingga dapat dikatan kondisi jalan di sekitar Perlintasan Sebidang HOS Cokroaminoto tergolong cukup baik dikarenakan nilai derajat kejenuhan masih dibawah batas maksimal yaitu 0,75. Kemudian dari uji regresi antara pengaruh lama penutupan perlintasan dengan panjang antrean diperoleh uji regresi linear lebih mewakilkan kondisi pada arah selatan-utara dan regresi eksponensial lebih mewakilkan kondisi arah utara-selatan.
Intersection between railway and road is called a level crossing. On level crossing are frequent conflic accidents between vehicels and train. One of a level crossing in Indonesia is on HOS Cokroaminoto Street, Tegalrejo, Yogyakarta. The frequency of the train that passing on the level crossing is quite intense, which results in making delays and rood traffic jam. The purpose of the reaserch is to evaluation of the level crossing on HOS Cokroaminoto street. Evaluation of the feasibility of level crossing on Cokroaminoto Street by comparing the existing with curret appicable regulation. In Indonesia. The current regulation governings level crossing is Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomer SK.770/KA.401/DRDJ/2005 about Technical guidelines for a level corssing between a road and a railway line. After getting the data on existing conditions , an analysis is carried out by reviewing the suitability of the level crossing with regulation. After that, the suitability of the level crossing with regulation made precentage for getting the result. For analysis of traffict flow which refers to the 1997 Indonesia Road Capacity Manual (MKJI) for city road. Primary data collection is carried out during afthernoon rush hours for 2 hours, namely 16.00-18.00 WIB on Thursday, December 1 2022, Friday Desember 2 2022, and Sunday, December 5 2022. The result of the evauation and analysis traffict flow of the level corossing HOS Cokroaminoto obtained some requirements of level crossing us not fulfill the regulacy of SK.770/KA.401/DRDJ/2005. The traffic flow performance was classified as good with the degree of saturation on the south and north direction is 0,737 and 0,662. Then For regresion test between the effect of the crossing closure and of the lengt of the queue, linear regresion test is more representative of the south-north direction and the exponential regression is more representative of the north-south direction.
Kata Kunci : Persyaratan Perlintasan sebidang, Analisis Jalan Perkotaan