Laporkan Masalah

Pola Kecelakaan pada Ruas Rawan Kecelakaan (Blacklink) Jalan Provinsi (Studi Kasus Jalan Raya Sukoharjo-Wonogiri)

NAUFALIMAM KURNIAWAN, Dr. Ir. Dewanti, MS.

2023 | Skripsi | S1 TEKNIK SIPIL

Jalan sebagai salah satu prasarana transportasi memiliki beberapa masalah, diantaranya adalah tingginya angka kecelakaan. Dalam rentang 2017 s.d. 2019, tercatat 85.837 korban jiwa meninggal dalam kecelakaan jalan. Jalan Sukoharjo-Wonogiri merupakan jalan provinsi yang terbagi menjadi 4 ruas. Jalan memiliki peran sebagai penopang distribusi barang dan aktivitas sehari-hari penduduk Karesidenan Surakarta. Padatnya volume kendaraan pada jalan ini pada jam puncak membuat risiko kecelakaan meningkat. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis karakteristik kecelakaan, pola kecelakaan, dan ruas rawan kecelakaan (blacklink) pada jalan ini untuk menentukan rekomendasi penanganan kecelakaan yang paling sesuai. Pada penelitian ini, masing-masing ruas dibagi menjadi 2 bagian hingga terdapat 8 ruas teranalisis. Analisis karakteristik kecelakaan dilakukan dengan pendekatan 5W+1H. Penentuan ruas blacklink dilakukan dengan metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) yang dikontrol dengan metode Upper Control Limit (UCL). Kemudian, dilakukan pengamatan lapangan dan peninjauan keterangan data kecelakaan untuk mendapatkan pola-pola kecelakaan di ruas blacklink. Berdasarkan pengolahan data karakteristik kecelakaan dan pengamatan pola-pola kecelakaan dapat dirumuskan rekomendasi penanganan kecelakaan pada ruas blacklink yang paling sesuai. Berdasarkan analisis karakteristik, kendaraan yang paling banyak mengalami kecelakaan adalah sepeda motor, tipe tabrakan paling umum adalah depan-samping, dengan waktu kecelakaan pada hari Selasa pada pukul 06.00-10.00. Fatalitas kecelakaan adalah 104 meninggal dari 1538 korban kecelakaan. Hasil identifikasi ruas blacklink terdapat 4 ruas yang termasuk dalam ruas rawan kecelakaan. Hasil peninjauan lapangan dan keterangan data kecelakaan menunjukkan berbagai masalah yang terjadi pada beberapa titik di masing-masing ruas blacklink yang meliputi kondisi jalan, kelengkapan jalan, dan pengendara. Berdasarkan tinjauan tersebut, dirumuskan beberapa rekomendasi penanganan lokasi kecelakaan yang meliputi penambahan kelengkapan jalan, penegakan hukum ,dan edukasi ke masyarakat.

Roads as one of transportation infrastructure have several problems, one of them is the high number of accidents. From 2017 to 2019, 85.837 people died in road accidents. Jalan Raya Sukoharjo-Wonogiri is a provincial road which can be divide into 4 segments. This road has role in supporting the distribution of goods and daily activities of Surakarta residents. During peak hours, the dense volume of vehicle on this road make the risk of accidents increase. Therefore, it is necessary to analyze the characteristics of accidents, accidents patterns, and blacklink segment on this road to determine the most suitbale accidents handling recommendations. In this study, each road segment was divided into 2 sections, so there are 8 segments analyzed. The characteristics of accidents was analyzed by using the 5W+1H approach. The blacklink segments was carried out using Equivalent Accident Number (EAN) and controlled by Upper Control Limit (UCL) method. Then accidents patterns on blacklink segments was analyzed by field observations and review the accidents data. Based on the characteristics of accidents and accidents patterns, the recommendations to decrease accidents on the blacklink segments can be formulated. On accidents characteristics, most vehicle used in the accidents are motorcylces, the most common type of collision is front-side collision, with the accidents often happen in Tuesday at morning rush hour, 06.00-10.00. The fatality of accidents in this road is 104 died from 1538 victims. From blacklink identification, there are 4 segments considered as blacklink segment. The field observation and data review show various problems that occur at several points on the blacklink segments, which includes road condition, road equipment and vehicle’s drivers. Based on this observation and review, several recommendation were formulated to decrease the accidents on blacklink segments which included improving road equipment, law enforcement, and education.

Kata Kunci : jalan provinsi, karakteristik kecelakaan, pola kecelakaan, ruas blacklink

  1. S1-2023-429026-abstract.pdf  
  2. S1-2023-429026-title.pdf