Laporkan Masalah

PERILAKU PENCIPTAAN BERSAMA: ANALISIS DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI SOSIAL DAN PSIKOLOGI KEPRIBADIAN DALAM KONTEKS PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA

ALEXANDER BARUS, Dr.B.M. PURWANTO, M.B.A.; YULIA ARISNANI WIDYANINGSIH, M.B.A, PH.D; BAYU SUTIKNO, MSM., PH.D

2023 | Disertasi | DOKTOR ILMU MANAJEMEN

Penciptaan nilai bersama menjadi konsep penting dan relevan untuk digunakan pada konteks perguruan tinggi, karena merefleksikan sifat interaktif layanan hubungan antara dosen dan mahasiswa. Berdasarkan penelurusan kajian literatur, penulis menemukan teori aktivasi sifat dan teori interdependensi jarang digunakan dalam memprediksi perilaku penciptaan bersama. Penulis merumuskan masalah penelitian untuk menganalisis peran sifat kepribadian individu terhadap perilaku penciptaan bersama ketika dimoderasi climate warmth. Pendekatan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui survei kuesioner secara online. Uji ekuivalen dan moderasi. Uji hipotesis menggunakan SEM-AMOS 21 dan regresi logistik multinomial SPSS 21. Penelitian ini menemukan hubungan positif dan signifikan antara conscientiousness dan openness to experience mahasiswa/dosen pada perilaku penciptaan bersama mahasiswa/dosen pada tingkat individu pada climate warmth tinggi dan rendah. Hubungan tidak signifikan dan positif antara conscientiousness dosen yang dipersepsikan mahasiswa pada perilaku penciptaan bersama dosen pada climate warmth tinggi dan rendah. Hubungan tidak signifikan dan positif antara conscientiousness mahasiswa yang dipersepsikan dosen pada perilaku penciptaan bersama mahasiswa pada climate warmth tinggi, hubungan signifikan dan positif pada climate warmth rendah. Hubungan signifikan dan positif antara openness to experience dosen yang dipersepsikan mahasiswa pada perilaku penciptaan bersama dosen pada climate warmth tinggi, hubungan tidak signifikan pada climate wamth rendah. Hubungan tidak signifikan dan positif antara openness to experience mahasiswa yang dipersepsikan dosen pada perilaku penciptaan bersama mahasiswa pada climate warmth tinggi, hubungan signifikan dan positif pada climate warmth rendah. Perilaku penciptaan bersama dosen dan mahasiswa berpengaruh pada perceived contribution dosen dan mahasiswa dan juga berpengaruh pada keputusan pemilihan jurnal untuk publikasi. Faktor budaya memengaruhi penerapan penciptaan bersama dan menyarankan untuk penelitian selanjutnya mempertimbangkan faktor-faktor budaya diluar variabel yang digunakan.

The co-creation of value is an important and relevant concept for use in the context of higher education, because it reflects the interactive nature of the service relationship between lecturers and students. Based on the literature review, the authors found that trait activation theory and interdependence theory are rarely used in predicting co-creation behavior. The aim of this research is to analyze the role of individual personality traits on co-creation behavior when moderated by climate warmth. Quantitative research approach. The data collection method is through an online questionnaire survey. Several tests were carried out such as model invariances test, moderation test. Hypothesis testing using SEM-AMOS 21 and SPSS 21 multinomial logistic regression. This dissertation reveals that the influence of conscientiousness and openness to the experience of students/lecturers on the co-creation behavior of students/lecturers at high and low climate warmth were significant and positive relation. There is no significant relationship between lecturer conscientiousness perceived by students on lecturer co-creation behavior at high and low climate warmth. There is no significant relationship between student conscientiousness perceived by lecturers on student co-creation behavior at high climate warmth, significant and positive relationship at low climate warmth. There is a significant and positive relationship between the openness to experience of lecturers perceived by students on lecturer behavior of co-creation at high climate warmth, the relationship is not significant at low climate warmth. The co-creation behavior of lecturers and students affects the perceived contribution of lecturers and students and also affects the decision to select journals for publication. Cultural factors influence the application of co-creation and suggest for further research to consider cultural factors beyond the variables used.

Kata Kunci : co-creation behavior, personality traits, climate warmth