Laporkan Masalah

Kaum Muda Indonesia dan Isu Edukasi Seks dalam Serial Televisi Populer: Analisis Resepsi Audiens Serial Sex Education di Netflix

NADYA WARIH N H, Mashita Phitaloka Fandia Purwaningtyas, S.I.P., M.A.

2023 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Sex Education adalah salah satu serial televisi yang cukup populer di kalangan kaum muda Indonesia. Namun, popularitas serial Sex Education tentu tidak menjamin semua kaum muda Indonesia yang menjadi audiensnya meresepsi isu edukasi seks yang terdapat di dalam serialnya dengan cara yang sama. Pada penelitian ini, isu edukasi seks dalam serial Sex Education merujuk pada perdebatan atas konsep dan implementasi edukasi seks bagi kaum muda. Secara umum, kaum muda Indonesia memiliki karakteristik yang menyatukan mereka secara kolektif terkait seks, seksualitas, serta kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat memengaruhi bagaimana mereka meresepsi isu edukasi seks: kaum muda Indonesia kerap kali menerima berbagai pesan normatif yang kompleks dan bertentangan terkait seksualitas dan biasanya tidak menerima edukasi seks yang komprehensif baik secara formal maupun informal karena dianggap tabu secara kultural. Dengan begitu, penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menjelaskan resepsi audiens kaum muda Indonesia terhadap isu edukasi seks yang terdapat dalam serial Sex Education season 1-3. Analisis resepsi dilakukan dengan teori encoding/decoding Hall (2005) dan paradigma partisipasi Livingstone (2013) yang diperkuat dengan konsep partisipasi melalui media Carpentier (2011) dan pendekatan kepada audiens dari ranah privat dan ruang publik Livingstone (2005). Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan interviu mendalam kepada enam informan kaum muda berusia 18-24 tahun dengan kriteria yang telah ditentukan sebagai representasi audiens serial Sex Education. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat dua informan yang berada dalam dominant-hegemonic position dan empat informan yang berada dalam negotiated position. Posisi pemaknaan para informan berkaitan erat dengan frameworks of knowledge mereka yang terbentuk dari identitas dan ideologi yang mereka miliki; interaksi mereka dengan keluarga, agama, dan budaya di kehidupan keseharian; kebiasaan bermedia; hingga pengalaman-pengalaman mereka saat bersinggungan dengan isu-isu seputar seks, seksualitas, serta kesehatan seksual dan reproduksi. Kemudian, dari enam informan yang terlibat di dalam penelitian ini, hanya terdapat satu informan yang benar-benar membawa pemaknaan yang dihasilkannya setelah memaknai isu edukasi seks dalam serial Sex Education ke ruang publik sebagai sebuah tindakan partisipasi sekaligus sebagai sebuah ekstensi dari proses pemaknaan di ranah privat. Lima informan lainnya membawa pemaknaan mereka keluar dari ranah privat, tetapi tidak sampai ke ruang publik.

Netflix's Sex Education series is popular among Indonesian youths. However, its popularity does not guarantee that all Indonesian youths will interpret the show's sex education issues, the ongoing debate over the concept and implementation of sex education for youths, in the same way. Generally, Indonesian youths share certain characteristics when it comes to sex, sexuality, as well as sexual and reproductive health that can influence how they interpret sex education: they often receive complex and conflicting messages about sexuality and they often do not receive comprehensive sex education due to the topic being considered taboo culturally in Indonesia. This descriptive qualitative research aims to understand how Indonesian youths interpret the sex education issues in Netflix's Sex Education series seasons 1-3 by conducting a reception analysis using Hall's (2005) encoding/decoding theory and Livingstone's (2013) participation paradigm, strengthened by Carpentier's (2011) concept of participation through the media together with Livingstone's (2005) approaches to audiences from the private and public sphere. Research data was collected through in-depth interviews with six Indonesian youths aged 18-24 that were chosen as informants to represent the audience of Netflix's Sex Education series. The results revealed that two informants had a dominant-hegemonic position while the other four informants had a negotiated position. The informants' interpretation position is closely related to their frameworks of knowledge that are formed by their identities and ideology; their interactions with family, religion, and culture in daily life; media habits; and their past experiences when they were dealing with issues related to sex, sexuality, as well as sexual and reproductive health. Additionally, only one informant brought the interpretation of sex education issues within Netflix's Sex Education series to the public sphere as an act of participation as well as an extension of the meaning-making process in the private sphere. The other five brought their meanings out of their private sphere, but not to the public sphere.

Kata Kunci : resepsi audiens, kaum muda Indonesia, serial televisi, edukasi seks, Sex Education Netflix