Gamer Muda di Indonesia : Transisi, Negosiasi dan Aspirasi Kerja Masa Depan
IVAN HAFIZH B, Gregorius Ragil Wibawanto
2023 | Skripsi | S1 SOSIOLOGIKehadiran dari game online yang saat ini banyak digemari oleh masyarakat memberikan banyak peluang yang muncul dari berkembang nya game online. Hadir nya game online ini banyak digemari oleh anak muda yang mana mereka menyukai kegiatan bermain game yang sangat fleksibel. Muncul nya game online menimbulkan pro kontra yang terjadi di kalangan masyarakat, antara anak muda, orang tua dan pemerintah. Negosiasi yang dilakukan oleh anak muda kepada orang tua perlu dilakukan untuk mendapatkan atensi terhadap apa yang sedang atau ingin mereka lakukan, yaitu terjun ke dunia game. Peran pemerintah disini juga memberikan hal yang cukup penting terhadap perkembangan potensi gamer professional dalam bersaing di kancah internasional. Menjadi seorang gamer professional tentunya seperti pisau bermata dua, bisa dianggap sebagai pekerjaan namun juga hanya sebuah leisure semata. Tujuan dari penulisan skripsi ini yaitu untuk melihat tahapan yang dilalui oleh anak muda dalam melalui masa transisi dari pendidikan menuju dunia pekerjaan dan juga melihat dari sudut pandang Sociology of Work dimana anak muda merupakan sebuah agen yang bekerja di dalam nya.
The presence of online games that are currently popular with the public provides many opportunities that arise from the development of online games. The presence of this online game is much loved by young people who like very flexible gaming activities. The emergence of online games raises pros and cons that occur among the public, between young people, parents and the government. Negotiations made by young people to parents need to be carried out to get attention to what they are or want to do, namely plunging into the world of games. The role of the government here also provides quite important things for the development of the potential of professional gamers in competing in the international arena. Being a professional gamer is certainly like a double-edged knife, it can be regarded as a job but also just a leisure. The purpose of writing this thesis is to see the stages passed by young people in going through the transition period from education to the world of work and also look from the point of view of the Sociology of Work where young people are an agent who works in it.
Kata Kunci : negosiasi, gamer professional, aspirasi kerja, pemerintah, orang tua, leisure