PENGARUH KARAKTERISTIK DESAIN SITUS PERDAGANGAN SOSIAL INSTAGRAM PADA NIAT LOYAL KONSUMEN DENGAN NILAI YANG DIRASAKAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIATOR
SAUD MUSTAFA H A M, Basu Swastha Dharmmesta, Prof. Dr., M.B.A
2023 | Skripsi | S1 MANAJEMENPenelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh karakteristik desain situs perdagangan sosial Instagram (kualitas layanan, kualitas informasi, kenikmatan, keamanan transaksi) dalam membangun niat loyal konsumen, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi peran mediasi dari nilai yang dirasakan konsumen saat melakukan transaksi pada situs perdagangan sosial Instagram. Metode kuantitatif dan pengumpulan data dengan menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner secara daring digunakan dalam penelitian ini. Sebanyak 349 responden yang sesuai kriteria berhasil didapatkan dari penyebaran kuesioner. Metode analisis PLS-SEM digunakan dalam riset ini dengan sarana aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukan kualitas layanan, kualitas informasi, kenikmatan, keamanan transaksi berpengaruh positif dan signifikan pada nilai yang dirasakan konsumen dan nilai yang dirasakan konsumen berpengaruh positif pada niat loyal konsumen. Penelitian ini juga menunjukan nilai yang dirasakan mampu memediasi hubungan dari kualitas layanan, kualitas informasi, kenikmatan, keamanan transaksi pada niat loyal konsumen.
This research aims to examine the effect of Instagram social commerce site design characteristics (service quality, information quality, enjoyment, transaction safety) in building consumer loyalty intentions, this research also aims to identify the mediating role of consumer perceived value when making transactions on Instagram social commerce sites. Quantitative methods and data collection using survey methods by distributing questionnaires online were used in this research. A total of 349 respondents who fit the criteria were successfully obtained from the questionnaire distribution. The PLS-SEM analysis method was used in this research using the SmartPLS application. The results of this research show that service quality, information quality, enjoyment, transaction security have a positive and significant effect on consumer perceived value and consumer perceived value has a positive effect on consumer loyalty intentions. This study also shows that perceived value is able to mediate the relationship between service quality, information quality, enjoyment, transaction safety on consumer loyalty intentions.
Kata Kunci : Kualitas layanan, kualitas informasi, kenikmatan, keamanan transaksi, nilai yang dirasakan, niat loyal konsumen./ Service quality, information quality, enjoyment, transaction safety, perceived value, consumer loyalty intention.