Laporkan Masalah

Perbedaan Autobiographical Memory Ditinjau dari Wilayah Pendidikan Jawa dengan Luar Jawa

SELVI SUMARDIN, Dra. Sri Kusrohmaniah, Ph.D

2023 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI

Pengembangan studi autobiographical memory terus berlanjut pada cakupan lebih luas, di antaranya kajian antar budaya dan latar belakang sosial ekonomi. Studi ini berfokus pada kajian autobiographical memory yang mempertimbangkan faktor pendidikan sebagai bagian dari kondisi sosiokultural di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan detail dan volume memori ditinjau dari dua wilayah pendidikan di Indonesia, yaitu antar wilayah Jawa dengan wilayah Luar Jawa. Sejumlah 96 partisipan dari usia 24 hingga 31 (Musia = 25.55, SD=1.91) diukur secara tertulis untuk menceritakan memori masa kecilnya. Hasil uji Quade's rank analysis of covariance (ANCOVA) memberikan bukti adanya perbedaan autobiographical memory ditinjau dari wilayah pendidikan pada p < .05, sebesar F (1,94) = 8.630, p = .004. Partisipan dari wilayah pendidikan Jawa dilaporkan memiliki karakteristik autobiographical memory yang lebih besar. Autobiographical memory subjektif terhadap kondisi sosiokultural masyarakat tertentu, pada penelitian ini yaitu perbedaan wilayah pendidikan Jawa dan Luar Jawa.

The development of autobiographical memory studies continues in a wider scope of intercultural and socioeconomic backgrounds. The current research focuses on studying autobiographical memory accounted educational factors as part of the sociocultural conditions in Indonesia. The comparative study aims to look at the differences in detail and memory volume of adults from two educational regions in Indonesia, contrasting the regions of Java and the outside Java. A total of 96 participants from ages 24 to 31 (Mage = 25.55, SD = 1.91) reported their memory in writing to share their childhood memories. The results of the Quade's rank analysis of covariance (ANCOVA) test provide evidence of differences in autobiographical memory in terms of educational areas p <.05, F (1.94) = 8.630, p = .004. Participants from the Java reported having greater autobiographical memory characteristics. The results evoked more evidence as previous researches showing the subjectivity of autobiographical memory to the sociocultural conditions of certain communities, in this study, is the conditions of education.

Kata Kunci : Autobiographical memory, education, sociocultural differences, Indonesia, Jawa, Luar Jawa

  1. S2-2023-466656-abstract.pdf  
  2. S2-2023-466656-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-466656-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-466656-title.pdf