Laporkan Masalah

Besar pengaruh intervensi edukasi tentang ADHD terhadap penurunan stres pengasuhan orang tua yang mempunyai anak ADHD di RSJ Prof Dr Soerojo Magelang

ADINA SILVIASARI, dr. Silas Henry Ismanto, Sp.KJ (K); Dr. Dra. Sumarni D.W., M.Kes

2023 | Tesis-Spesialis | ILMU KEDOKTERAN JIWA

Besar Pengaruh Intervensi Edukasi Tentang ADHD Terhadap Penurunan Stres Pengasuhan Orang Tua Yang Mempunyai Anak ADHD di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang INTISARI Latar belakang: Orang tua dari anak ADHD rentan mengalami stres pengasuhan karena beban pengasuhan yang tinggi, seperti tenaga dan perhatian pengasuhan yang lebih besar, beban ekonomi yang lebih besar, stigma negatif dan kurangnya penerimaan keluarga terhadap anak ADHD. Stres pengasuhan orang tua dapat menimbulkan masalah fisik dan psikologis bagi orang tua maupun anak mereka. Dampak stres pengasuhan menimbulkan gejala depresi, kecemasan, penurunan kualitas hidup orang tua, keluhan fisik, penelantaran anak, kekerasan pada anak dan pola pengasuhan negatif yang dapat memperberat gejala ADHD. Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa pemberian edukasi kepada orang tua dapat meningkatkan pengetahuan orang tua terkait ADHD, meningkatkan pengetahuan orang tua dalam pengelolaan masalah emosi dan perilaku anak, meningkatkan kepatuhan pengobatan, dan mengurangi gejala ADHD. Sehingga dengan demikian, diharapkan dapat menurunkan stres pengasuhan orang tua. Tujuan penelitian: Untuk menganalisis besar pengaruh intervensi edukasi terhadap penurunan stres pengasuhan orang tua yang mempunyai anak ADHD di RSJ. Prof. Dr. Soerojo Magelang Metode: Merupakan penelitian eksperimetal dengan two group pre-post-test with kontrol group design. Subjek penelitian adalah orang tua (ibu) yang mempunyai anak ADHD yang memenuhi kriteria inklusi. Materi edukasi berdasarkan materi psikoedukasi yang telah diteliti dengan efektivitas sebesar 94,5%. Stres pengasuhan diukur dengan instrumen Parental Stress Scale (PSS). Menggunakan analisis chi square, dengan tingkat kemaknaan dinyatakan pada nilai p<0,05 Hasil: Responden penelitian sebanyak 40 subjek (20 subjek kelompok intervensi dan 20 subjek kelompok kontrol). Pada analisis multivariat didapatkan hasil intervensi edukasi berperan secara signifikan terhadap penurunan stres pengasuhan dengan nilai R2 =0,311; p=0,003 dengan OR sebesar 9,333 (CI 95% 2,18-39,96). Kesimpulan: Edukasi tentang ADHD secara bermakna berperan terhadap penurunan stres pengasuhan orang tua yang mempunyai anak ADHD di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang sebesar 31,1%. Kata kunci: edukasi-stres pengasuhan orang tua dari anak ADHD.

The Effect of ADHD Educational Intervention in Reducing Parental Stress for Parents of Children with ADHD at Prof. Dr. Soerojo Hospital ABSTRACT Research Background: parents of ADHD children are prone to experiencing parenting stress due to heavier parenting load, such as higher energy and attention demands, higher economic burden, negative stigma, and lack of familial acceptance for ADHD children. Stress of parenting can raise physical and psychological issues for both parents and their children. Parenting stress raises issues such as symptoms of depression, anxiety, decline of parents, quality of life, complaints regarding physical conditions, child neglect, violence against children, and use of negative parenting styles that may aggravate ADHD symptoms. A number of studies has shown that providing education to parents may increase parents ADHD knowledge, improve parents, knowledge in their children emotional and behavioral management, improve obedience to medical treatment, and reduce ADHD symptoms. With that said, providing education is expected to lower parents parenting stress. Research Objectives: To analyze the effect of educational intervention in reducing parental stress for parents of ADHD children at Prof. Dr. Soerojo Hospital, Magelang. Research Method: The method used in this study is through experimental research with two group pre-post-test with control group design. The subject of the study includes parents (mothers) whose children fulfills the ADHD inclusion criteria. Education materials are based on psychoeducation materials that has been proven to have the effectiveness rate of 94.5%. Parenting stress can be measured with the Parental Stress Scale (PSS) instrument. This research used a chi square analysis with a significance level expressed at a value of p <0.05. Results: The respondents of this research amount to 40 subjects (20 subjects in intervention group and 20 subjects in control group). During the multivariate analysis, the research found that education intervention significantly reduced parenting stress with a value of R 2 = 0.311; p = 0.003 with an OR of 9.333 (CI 95% 2.18 39.96). Conclusion: Meaningful education on ADHD significantly reduced parenting stress for parents with ADHD children at Prof. Dr. soerojo, Magelang. Hospital by 31.1%. Keywords: education - parental stress from ADHD.

Kata Kunci : edukasi-stres pengasuhan orang tua dari anak ADHD

  1. SPESIALIS-2023-450543-abstract.pdf  
  2. SPESIALIS-2023-450543-bibliography.pdf  
  3. SPESIALIS-2023-450543-tableofcontent.pdf  
  4. SPESIALIS-2023-450543-title.pdf