PENGEMBANGAN MODEL BISNIS DROPSHIPPER CV. SPORTI ID SANG JUARA YOGYAKARTA
LENO ASMAN, Bayu Sutikno, S.E.,M.S.M.,Ph.D.,
2023 | Tesis | Magister ManajemenTujuan utama penelitian ini adalah untuk merancang model bisnis dropshipper yang tepat bagi CV. Sporti ID Sang Juara. Adapun tujuan spesifik penelitian ini ada dua. Pertama, untuk merancang model bisnis dropshipper sebagai inovasi bagi perusahaan. Kedua, untuk menganalisis kelayakan pengembangan model bisnis dropshipping perusahaan berdasarkan aspek ekonomi dan non-ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan survei. Pertanyaan wawancara disusun berdasarkan komponen Kanvas Model Bisnis, sedangkan pertanyaan survei disusun berdasarkan peta empati. Informan wawancara dalam penelitian ini adalah Manajer Umum CV. Sporti ID Sang Juara, sedangkan responden survei merupakan tiga puluh calon pelanggan potensial yang dipilih dengan purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dilakukan menggunakan analisis konten, sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan dengan menghitung nilai NPV, IRR, dan PP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model bisnis CV. Sporti ID Sang Juara dipicu oleh adanya masalah pada model bisnis dropshipper yang pernah ada pada tahun 2018. Modal yang harus dikeluarkan perusahaan untuk pengembangan ini adalah sebesar Rp1.015.000.000 Berdasarkan analisis kelayakan ekonomi yang dilakukan, diperoleh nilai NPV sebesar 5.383.304.669, nilai IRR sebesar 72,58%, dan nilai pengembalian selama dua tahun tujuh bulan. Berdasarkan analisis non-ekonomi, pengembangan model bisnis ini akan berpengaruh pada aspek sosial dan budaya. Dengan demikian, dapat dikatakan pengembangan model bisnis ini layak dijalankan.
The main objective of this research is to design the right dropshipper business model for CV. Sporti ID Sang Juara. There are two specific objectives of this research. First, to design a dropshipper business model as an innovation for the company. Second, to analyze the feasibility of developing a dropshipping company business model based on economic and non-economic aspects. This research is a qualitative research with data collection methods through interviews and surveys. The interview questions are structured based on the Business Model Canvas component, while the survey questions are structured based on an empathy map. Interview informants in this study were the General Manager of CV. Sporti ID Sang Juara, while the survey respondents were thirty potential customers selected by purposive sampling. The data obtained were then analyzed qualitatively and quantitatively. Qualitative data analysis was carried out using content analysis, while quantitative data analysis was carried out by calculating the NPV, IRR, and PP values. The results of the research show that the development of the CV business model. Sporti ID Sang Juara was triggered by a problem with the dropshipper business model that existed in 2018. The capital that the company had to spend for this development was IDR 1,015,000,000. Based on the economic feasibility analysis carried out, an NPV value of 5.383.304.669 was obtained, The IRR is 72.58%, and the return is two years and seven months. Based on non-economic analysis, the development of this business model will affect social and cultural aspects. Thus, it can be said that the development of this business model is feasible.
Kata Kunci : Pengembangan model bisnis, dropshipper