Laporkan Masalah

STRATEGI MENINGKATKAN KINERJA LEMBAGA PEMBIAYAAN EKSPOR INDONESIA (INDONESIA EXIMBANK) KANTOR CABANG SURAKARTA MENGGUNAKAN BALANCE SCORECARD

ELISABET FEBRIANA J , Sumiyana, Dr., M.Si., Ak., CA.,

2023 | Tesis | Magister Manajemen

INTISARI Penunjang terbesar dalam ekonomi makro adalah bidang perdagangan baik itu perdagangan skala domestik maupun internasional. Indonesia memiliki lembaga independen berstatus sui generis yang seluruh modalnya dimiliki oleh NKRI di bawah Kementerian Keuangan bernama Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank. LPEI dibentuk pada tahun 2009 dengan mandat utama untuk mendukung program ekspor nasional kepada seluruh eksportir langsung maupun tidak langsung untuk level UMKM, Korporasi, dan Koperasi. Pelaksanaan mandat mengacu pada visi LPEI untuk menjadi perbankan unggul dan kredibel dalam mendorong ekspor nasional dan misi untuk mendorong kesinambungan iklim usaha, memberikan layanan melalui produk unggulan pembiayaan, penjaminan, asuransi, dan jasa konsultasi, serta meningkatkan kemampuan eksportir berbagai skala. Berdasarkan mandat tersebut, maka LPEI perlu meningkatkan kinerja perusahaan untuk menunjang pencapaian visi dan melaksanakan fungsinya. Penelitian dengan judul �Strategi Meningkatkan Kinerja Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Eximbank) Kantor Cabang Surakarta Menggunakan Balance Scorecard� bertujuan untuk menggali kinerja LPEI menggunakan Balance Scorecard yang pertama kali ditemukan oleh Robert Kaplan dan David Norton. Alasan menggunakan Balance Scorecard karena adanya prinsip kausalitas yang saling berhubungan mulai dari proses pertumbuhan dan pembelajaran internal menuju proses bisnis korporasi untuk dapat meraih nasabah pelaku ekspor dengan maksud mencapai pemenuhan mandat dan perbaikan kinerja keuangan perusahaan. Prinsip kausalitas mencakup empat perspektif yaitu mandat dan keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Dalam setiap perspektif menjabarkan indikator dan ukuran kinerja. Fokus objek penelitian berada di LPEI Kantor Cabang Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif berdasarkan dokumen dan hasil wawancara manajerial LPEI Kantor Cabang Surakarta. Hasil penelitian adalah rekomendasi strategi dan aksi tindak lanjut terhadap strategi berdasarkan empat perspektif Balance Scorecard. Kata kunci: Manajemen Kinerja, Balance Scorecard, Manajemen Strategi

ABSTRACT The biggest support in the macro economy is a trade, both domestic and international trade. Indonesia has an independent institution with sui generis status whose entire capital is owned by the Republic of Indonesia under the Ministry of Finance called the Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) or Indonesia Eximbank. LPEI was formed in 2009 with the main mandate to support the national export program for all direct and indirect exporters for the UMKM, Corporation, and Cooperative levels. Implementation of the mandate refers to LPEI's vision of becoming a superior and credible bank in encouraging national exports and a mission to encourage a sustainable business climate, provide services through superior products financing, guarantees, insurance, and consulting services, as well as increasing the ability of exporters of various scales. Based on this mandate, LPEI needs to improve company performance to support the achievement of the vision and carry out its functions. The research entitled "Strategy for Improving the Performance of the Indonesian Export Financing Institution (Indonesia Eximbank) Surakarta by Using the Balanced Scorecard" aims to explore the performance of LPEI with the Balanced Scorecard which was first discovered by Robert Kaplan and David Norton. The reason for using the Balanced Scorecard is because there is a causality principle that is interconnected starting from the process of growth and internal learning towards corporate business processes to be able to reach export customers with the aim of achieving fulfillment of mandates and improving the company's financial performance. The principle of causality covers four perspectives namely mandate and finance, customers, internal business processes, and learning and growth. In each perspective describes indicators and performance measures. The research focus is at the LPEI Surakarta�s Branch Office. The method used in this research is qualitative based on documents and results of managerial interviews at LPEI Surakarta�s Branch Office. The results of this research are strategy recommendations and follow-up actions on strategies based on the four perspectives of the Balanced Scorecard. Key words: Performance Management, Balanced Scorecard, Strategic Management

Kata Kunci : Performance Management, Balanced Scorecard, Strategic Management

  1. S2-2023-470927-Abstract.pdf  
  2. S2-2023-470927-Bibliography.pdf  
  3. S2-2023-470927-TableofContent.pdf  
  4. S2-2023-470927-Title.pdf