Pengaruh Kepedulian Lingkungan, Pengetahuan Lingkungan dan Identitas Diri Pada Niat Membeli Makanan Organik
WINDI LISTYA O, Prof. Dr. Basu Swastha Dharmmesta, M.B.A
2023 | Tesis | MAGISTER SAINS MANAJEMENPenelitian ini mengintegrasikan teori perilaku terencana dengan kepedulian lingkungan, pengetahuan lingkungan, dan identitas diri untuk memprediksi niat membeli makanan organik. Teori perilaku terencana yang dikembangkan Ajzen digunakan sebagai acuan dasar dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui survei dengan 280 responden. Analisis data dilakukan dengan AMOS. Penelitian ini mengajukan 8 hipotesis dan berdasarkan hasil analisis 3 hipotesis ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap terhadap perilaku, kontrol keperilakuan yang dipersepsikan, kepedulian lingkungan, dan identitas diri berpengaruh positif pada niat membeli makanan organik. Kemudian, norma subjektif dan pengetahuan lingkungan tidak berpengaruh positif pada niat membeli makanan organik. Selain itu, kepedulian lingkungan dan pengetahuan lingkungan tidak berpengaruh positif pada sikap terhadap perilaku.
This study integrates the theory of planned behavior with environmental concern, environmental knowledge, and self-identity to predict the purchase intention of organic food. The theory of planned behavior developed by Ajzen is used as a primary reference in this study. Data was collected through a survey with 280 respondents. Data analysis was performed with AMOS. This study proposes 8 hypotheses and based on the analysis results 3 hypotheses are rejected. The results showed that attitudes towards behavior, perceived behavioral control, environmental concern, and self-identity positively affected the purchase intention of organic food. Then, subjective norms and environmental knowledge have no positive effect on the purchase intention of organic food. In addition, environmental concern and environmental knowledge do not have a positive effect on attitudes toward behavior.
Kata Kunci : teori perilaku terencana, kepedulian lingkungan, pengetahuan lingkungan, identitas diri, sikap terhadap perilaku, norma subjektif, kontrol keperilakuan yang dipersepsikan, niat membeli