Laporkan Masalah

Hubungan Komunikasi Perawat Di Ruang ICU dengan Kepuasan Pasien yang Terpasang Ventilator Mekanik

MARSHA YOKE NANCY, Dr. Sri Setiyarini, S.Kp, M.Kes.; Dr. Wenny Artanty Nisman, S.Kep., Ns., M.Kes

2023 | Tesis | MAGISTER KEPERAWATAN

Latar belakang: Komunikasi yang dilakukan oleh perawat dan pasien merupakan salah satu kunci keberhasilan dari pelayanan kesehatan di rumah sakit. Pasien yang dirawat di ruang ICU serta menggunakan ventilator mekanik membutuhkan komunikasi dengan perawat dan tenaga kesehatan lainnya. Akan tetapi pasien yang menggunakan ventilator mekanik mengalami kesulitan berkomunikasi. Kesulitan komunikasi ini dapat berdampak pada kepuasan pasien yang di rawat. Tujuan: Mengetahui hubungan komunikasi perawat dengan kepuasan pasien yang terpasang ventilator di ruang ICU Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional dengan jumlah sampel yakni 43 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah consecutive sampling dengan 43 responden. Alat ukur penelitian menggunakan kuesioner kepuasan pasien dan Nurse Quality of Communication with Patient (NQCPQ). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni pearson correlation. Hasil: Penilaian komunikasi perawat di ruang ICU berada pada kategori baik yakni 81,4% dan penilaian kepuasan pasien terhadap pelayanan perawat di ruang ICU yakni 55,8% berada pada kategori puas. Dari hasil analisis Pearson didapatkan nilai p = 0,013 dan (r) sebesar 0,378. Kesimpulan: Terdapat hubungan positif antara komunikasi perawat dengan pasien yang terpasang ventilator mekanik di ruang ICU.

Background: Communication between nurses and patients is one of the keys to the success of health services in hospitals. Patients who are treated in the ICU and use mechanical ventilators also need communication with nurses, patient families, and other health workers. However, patients who use mechanical ventilators have difficulty communicating. This communication difficulty can have an impact on patient satisfaction. Objective: To determine the relationship between nurse communication and patient satisfaction on ventilators in the ICU. Methods: This research is a quantitative study with a cross-sectional design with a total sample of 43 respondents. The sampling technique used was consecutive sampling with 43 respondents. The research measuring tool used a patient satisfaction questionnaire and the Nurse Quality of Communication with Patients (NQCPQ). The data analysis used in this study is the Pearson correlation. Results: The percentage of nurse communication in the ICU room was 81.4% in the "good" category, and the percentage of patient satisfaction attached to a mechanical ventilator, namely 55.8%, was in the "satisfied" category. From the results of the Pearson analysis, the value p = 0.013 and (r) was 0.378. Conclusion: There is a positive relationship between nurse communication and patients who are attached to mechanical ventilators in the ICU.

Kata Kunci : Komunikasi Perawat, Kepuasan Pasien, Ventilator Mekanik

  1. S2-2023-448581-abstract.pdf  
  2. S2-2023-448581-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-448581-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-448581-title.pdf