Laporkan Masalah

Analisis Critical Success Factors pada PT Netra Paramarta Santosa (Mata Trans Yogyakarta) dalam Industri Transportasi Wisata

Muhammad Dzulfiqar, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.

2023 | Tesis | Magister Manajemen

PT Netra Paramarta Santosa adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi wisata. Perusahaan saat ini sedang berusaha bangkit seiring semakin terkondisinya pandemi COVID-19. Namun dengan adanya berbagai faktor yang mempengaruhi industri transportasi wisata pada saat ini seperti kebijakan pembatasan pembelian solar dan juga kenaikan harga bahan bakar minyak yang menyebabkan naiknya biaya operasional sekaligus menurunkan minat wisatawan nusantara untuk pergi berwisata. Kondisi ini menempatkan perusahaan menghadapi suatu ketidakpastian. Untuk menghadapi ketidakpastian tersebut, perusahaan harus mampu untuk beradaptasi agar tetap dapat bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor industri strategis dengan menggunakan rerangka kerja five forces porter, asset strategis. Kemudian menentukan variabel apa saja yang penting dan yang tidak penting pada critical success factors agar tujuan PT Netra Paramarta Santosa dapat dicapai serta terus bertahan dan berkembang di industri transportasi wisata. Metoda penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Langkah pertama, peneliti membagikan kuesioner terkait faktor industri strategis kepada enam orang yang mengetahui dan berpengalaman dalam industri transportasi wisata khususnya bus pariwisata. Kemudian memberikan kuesioner terkait asset strategis kepada lima orang dari PT Netra Paramarta Santosa untuk memberikan penilaian terhadap sumber daya dan kemampuan perusahaan. Setelah itu sumber daya dan kemampuan diuji VRIO untuk mengetahui sumber daya dan kemampuan perusahaan yang menjadi aset strategis. Langkah selanjutnya melakukan analisis critical success factors dengan terlebih dahulu melakukan wawancara untuk mengetahui tujuan perusahaan kedepannya. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa faktor industri strategis saat ini sangat dipengaruhi oleh faktor persaingan dalam industri dengan nilai 3,67. Dari 32 sumber daya dan 15 kemampuan yang diuji, terdapat satu sumber daya dan tiga kemampuan yang menjadi aset strategis perusahaan dan menjadi dasar keunggulan bersaing berkelanjutan. Untuk mencapai tujuan perusahaan, critical success factors bagi PT Netra Paramarta Santosa pada kondisi saat ini adalah pemasaran, sumber daya manusia (SDM), dan produk atau jasa yang diberikan.

PT Netra Paramarta Santosa is a company engaged in the field of tourist transportation. The company is currently trying to rise as the COVID-19 pandemic becomes more conditioned. However, with various factors affecting the tourist transportation industry at this time such as the policy of limiting the purchase of diesel fuel and also the increase in fuel prices which causes an increase in operational costs while reducing the interest of domestic tourists to go on tours. This condition puts the company facing an uncertainty. To deal with these uncertainties, companies must be able to adapt in order to survive. This study aims to identify strategic industry factors using the framework of five forces porter, strategic assets. Then determines what variables are important and unimportant in critical success factors so that the goals of PT Netra Paramarta Santosa can be achieved and continue to survive and develop in the tourist transportation industry. The research method used is descriptive quantitative. The first step, researchers distributed questionnaires related to strategic industry factors to six people who knew and were experienced in the tourist transportation industry, especially tourism buses. Then gave a questionnaire related to strategic assets to five people from PT Netra Paramarta Santosa to provide an assessment of the company's resources and capabilities. After that, the resources and capabilities are tested VRIO to find out the resources and capabilities of the company that are strategic assets. The next step is to analyze critical success factors by first conducting interviews to find out the company's future goals. Based on the results of the study, it was found that the current strategic industry factors are strongly influenced by competition factors in the industry with a value of 3.67. Of the 32 resources and 15 capabilities tested, there is one resource and three capabilities that become the company's strategic assets and form the basis of sustainable competitive advantage. To achieve the company's goals, the critical success factor for PT Netra Paramarta Santosa in the current conditions is marketing, human resources (HR), and products or services that given.

Kata Kunci : Industri Transportasi Wisata, Faktor Industri Strategis, Aset Strategis, Critical Success Factors

  1. S2-2023-485761-abstract.pdf  
  2. S2-2023-485761-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-485761-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-485761-title.pdf