Persepsi Pengunjung Terhadap Kualitas Objek Wisata Ledok Sambi Pakembinangun, Pakem, Sleman
FARADITA E Z D, Dr. rer.pol. Dyah Widiyastuti, S.T., M.C.P.
2023 | Skripsi | S1 PEMBANGUNAN WILAYAHPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas dan persepsi pengunjung terhadap objek wisata Ledok Sambi dan menyusun arahan pengembangan yang dapat diterapkan untuk Ledok Sambi. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder yang diperoleh melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan skoring dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas objek wisata Ledok Sambi berdasarkan aspek atraksi, amenitas internal, amenitas eksternal, dan aksesibilitas eksternal berada di kualitas tinggi. Pada aspek aksesibilitas internal berada di kualitas sedang. Persepsi pengunjung terhadap kualitas objek wisata pada aspek atraksi, amenitas internal, amenitas eksternal, dan aksesibilitas eksternal menunjukkan persepsi dengan nilai tinggi. Pada aspek aksesibilitas internal menunjukkan persepsi dengan nilai cukup. Arahan pengembangan pada aspek atraksi yaitu pengembangan wahana, memperkuat promosi, dan penambahan aktivitas. Pada aspek amenitas yaitu peningkatan dan penambahan fasilitas dan pengembangan potensi oleh-oleh. Pada aspek aksesibilitas yaitu perawatan jalan, papan penujuk, serta jembatan, penambahan jalur dan penambahan akses difabel
This study aims to analyze the quality and visitor perceptions of the Ledok Sambi tourist attraction and develop development directions that can be applied to Ledok Sambi. The data used are primary and secondary data obtained through observation, questionnaires, and documentation. Analyzed using scoring and descriptive analysis. The results showed that the quality of the Ledok Sambi tourist attraction based on the aspects of attractions, internal amenities, external amenities, and external accessibility was at high quality and internal accessibility, it is in medium quality. Visitors' perceptions of the quality of tourist objects in the aspects of attractions, internal amenities, external amenities, and external accessibility show perceptions with high score and internal accessibility, it shows a moderate value perception. Directions for development on the aspect of attractions, namely developing rides, strengthening promotions, and adding activities. Aspect of amenities, namely the improvement and addition of facilities and the development of potential souvenirs. Aspect of accessibility, namely maintenance of roads, signboards, and bridges, adding lanes and adding disabled access.
Kata Kunci : persepsi, kualitas objek wisata, atraksi, amenitas, aksesibilitas,perception, quality of tourist attraction, attractions, amenities, accessibility