Pengaruh Animasi terhadap Performa Belajar Matematika
BENNY CHRISTIANTO, Dra. Sri Kusrohmaniah, M.Si., Ph.D., Psikolog
2023 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGIKemampuan prosedural matematika dan hubungannya dengan media pembelajaran animasi belum banyak diteliti. Penelitian-penelitian yang ada baru menelaahnya berdasarkan jenis pengetahuan kinematik dan konseptual saja. Dengan berasumsi bahwa jenis pengetahuan prosedural ada di antara dua jenis pengetahuan tersebut, penelitian ini hendak mengonfirmasi apakah media pembelajaran animasi memiliki pengaruh terhadap kemampuan prosedural matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dua kelompok independen dengan pengukuran pra- dan pasca-perlakuan yang sama. Partisipan adalah 34 siswa kelas X yang berasal dari dua SMA di Kota Bandung dengan usia rata-rata 15,79 tahun. Kelompok eksperimen (N=16) yang berasal dari SMA A menonton video pembelajaran matematika dengan animasi, sementara kelompok kontrol (N=18) yang berasal dari SMA B menonton video tanpa animasi. Hasil uji hipotesis non-parametrik Mann-Whitney U menunjukkan perbedaan kemampuan prosedural matematika yang tidak signifikan (p > 0,05) antara kedua kelompok. Oleh karenanya penelitian ini menyimpulkan bahwa animasi di dalam video pembelajaran tidak mempengaruhi kemampuan prosedural matematika, khususnya untuk topik statistika penyebaran data.
Mathematical procedural ability and its relationship with animation learning media have not been studied extensively. Prior studies about animation learning media only examine it based on the types of kinematic and conceptual knowledge. This study assume that mathematical procedural knowledge is one of the types of knowledge between the two and aims to confirm whether animation learning media has an effect on mathematical procedural ability. This study uses a quasi-experimental with two independent groups, with same pre- and post-treatment measurements. Participants are 10th-grade students (N = 34) from two high schools in Bandung with an average age of 15.79 years. The experimental group (N = 16) from School A watched a mathematics learning video with animation, while the control group (N = 18) from School B watched a video without animation. The results of the non-parametric Mann-Whitney U hypothesis test showed no significant difference (p > 0.05) in mathematical procedural ability between the two groups. Therefore, this study concludes that animation in learning videos does not affect mathematical procedural ability, particularly for the topic of statistics.
Kata Kunci : Animasi, Kemampuan Prosedural Matematika, Statistika