The Analysis of Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Intention, and Entrepreneurial Action of Graduated Students in Indonesia
MARCO JULIO RAHARDJO, Nofie Iman Vidya Kemal, S.E., M.Sc., Ph.D.
2022 | Tesis | Magister ManajemenDibandingkan dengan negara ASEAN lainnya, tingkat kewirausahaan Indonesia masih rendah. Akibatnya, pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan untuk meningkatkan jumlah pengusaha di Indonesia melalui program dukungan kewirausahaan. Pendidikan kewirausahaan merupakan salah satu program pemerintah yang digunakan untuk mendukung tumbuhnya wirausaha. Pemerintah berharap pendidikan kewirausahaan dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa di Indonesia sehingga mampu menjadi wirausahawan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan dan intensi kewirausahaan terhadap aksi kewirausahaan. Metode penelitian analitik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Untuk pengujian survey penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana sebagai alat untuk menganalisis pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap intensi berwirausaha dan intensi berwirausaha juga berpengaruh positif terhadap aksi berwirausaha.
In comparison to other ASEAN countries, Indonesia still has a low level of entrepreneurship. As a result, the Indonesian government implemented policies to increase the number of entrepreneurs in Indonesia through entrepreneurship support programs. Entrepreneurship education is one of the government programs used to support the growth of entrepreneurs. The government hopes that entrepreneurship education will increase students entrepreneurial intentions in Indonesia, allowing them to become entrepreneurs in the future. This research purpose is to analyse the influence between entrepreneurship education and entrepreneurial intention to entrepreneurial action. The analytical research method used in this research is quantitative method with questionnaire distributed to graduated university student in Indonesia. For testing the survey this research uses simple regression analysis as tool to analyse the influence. The results show that entrepreneurship education have positive impact on entrepreneurial intention and entrepreneurial intention also have positive influence on entrepreneurial action.
Kata Kunci : Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Intention, Entrepreneurial Action