Pengaruh Komponen Atraksi dan Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung di Wisata Gunung Dago
ALIF IHZA AL-ZAFAR, Fahmi Prihantoro, S.H., S.S., M.A.
2023 | Skripsi | S1 PARIWISATAGunung Dago merupakan salah satu tempat wisata alam yang berlokasi di Desa Dago, Cikuda Wanaherang, Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kawasan ini baru diresmikan sebagai atraksi wisata pada tahun 2018. Pengunjung yang mendatangi tempat ini berasal dari berbagai macam latar belakang. Pengunjung yang puas akan cenderung datang kembali dan merekomendasikan tempat ini kepada kolega mereka. Maka dari itu kepuasan merupakan salah satu kunci keberlangsungan suatu atraksi wisata, tidak terkecuali Gunung Dago Parungpanjang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengambilan data menggunakan kuisioner dengan total 105 responden valid. Seluruh butir pertanyaan telah dinyatakan lulus uji reliabilitas dan validitas. teknik penghitungan menggunkan analisis linear berganda dengan taraf signifikansi 10%. Hasil dari uji F dan Uji t menunjukan pengaruh yang signifikan antara variabel bebas terhadap variabel terikat baik secara bersama-sama maupun sendiri. dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0.376, yang berarti bahwa kedua variabel pada penelitian ini memiliki pengaruh sebesar 37,6% dari total kepuasan.
Gunung Dago is a natural tourist spot located in Dago Village, Cikuda Wanaherang, Parungpanjang, Bogor Regency, West Java. This area was just inaugurated as a tourist attraction in 2018. Visitors who come to this place come from various backgrounds. Satisfied visitors are more likely to come back and recommend this place to their colleagues. Therefore satisfaction is one of the keys to the sustainability of a tourist attraction, including Mount Dago Parungpanjang. This study used quantitative methods, collecting data using a questionnaire with a total of 105 valid respondents. All questions have been declared to have passed the reliability and validity tests. the calculation technique uses multiple linear analysis with a significance level of 10%. The results of the F test and t test show a significant effect between the independent variables on the dependent variable both together and alone. with a coefficient of determination of 0.376, which means that the two variables in this study have an influence of 37.6% of total satisfaction.
Kata Kunci : Wisata, Kepuasan, Atraksi, Fasilitas