Efektivitas E Learning Menggunakan Media Manajemen Pemelajaran (MMP) Universitas Jember Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Di Jurusan Teknik elektro
SYLVIA NAILUVARY, Prof. Dr. Wahyudi Kumorotomo, MPP ; Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng,. Ph.D
2023 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGIKegiatan pembelajaran merupakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik. Ketika terjadi pandemi covid 19, segala proses kegiatan pembelajaran berubah menjadi online. Proses pembelajaran online biasa disebut dengan pembelajaran e learning. Kegiatan pembelajaran elearning ini diterapkan di Teknik elektro sejak pandemi covid, sehingga menimbulkan culture shock, karena belum pernah mengalami sebelumnya. Pada saat proses penelitian, adapun metode yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini bahwa pembelajaran elearning adalah pembelajaran yang dibantu oleh teknologi dalam proses kegiatannya. Berhasilnya sebuah pembelajaran elearning tidak lepas dengan media yang digunakan, seperti pada Teknik elektro dalam kegiatan pembelajaran elearning yang dibantu oleh media manajemen pembelajaran (MMP) Universitas Jember. MMP yaitu sebuah media milik Universitas Jember yang dapat digunakan secara sinkron dan asinkron, tetapi menu yang ada di MMP itu sangat terbatas. Kegiatan pengaruh adanya pembelajaran elearning menggunakan MMP sangat kecil pada prestasi akademik, terlihat dari hasil uji determinasi yaitu sebesar 24,6% sehingga perlu vaiabel lain untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran elearning dalam menggunakan MMP, seperti pengaruh jaringan internet, lingkungan belajar, teknologi yang digunakan, serta motivasi belajar.
Learning activities are teaching and learning activities carried out by educators and students. When the Covid 19 pandemic occurred, all learning activities were turned online. The process of online learning is commonly referred to as e-learning. This e-learning learning activity has been implemented in electrical engineering since the covid pandemic, causing culture shock, because it has never been experienced before. During the research process, the method used was a quantitative descriptive approach, using a survey method. Data collection techniques using primary data and secondary data. The results of this study are that e-learning is learning that is assisted by technology in the process of its activities. The success of an e-learning course cannot be separated from the media used, such as in electrical engineering in e-learning activities assisted by learning management media (MMP) at the University of Jember. MMP is a media belonging to the University of Jember which can be used synchronously and asynchronously, but the menu in MMP is very limited. The effect of elearning learning using MMP is very small on academic achievement, as seen from the results of the determination test which is 24.6% so other variables are needed to increase the effectiveness of elearning learning using MMP, such as the influence of the internet network, learning environment, technology used, and motivation to learn.
Kata Kunci : ELearning, Media Manajemen Pembelajaran, Prestasi Akademik.