Pengelolaan Kewarganegaraan Pemuda: Studi Kasus Narasi dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) di YouTube
BENEDIKTA CHIQUITA CHRISNADINI, Dr. Subando Agus Margono, M.Si.
2023 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIKNarasi adalah masyarakat sipil yang berfokus pada isu-isu kepemudaan. Narasi percaya bahwa anak muda memiliki kekuatan untuk berperan dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Melalui media digital, Narasi menciptakan berbagai program yang salah satunya bernama Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Game show ini mempertanyakan ke-Indonesiaan masyarakat di tengah perkembangan teknologi dan derasnya arus informasi. Dalam perjalanannya, program ini semakin mengarah pada pengelolaan kewarganegaraan yang lebih matang, khususnya pada anak muda Indonesia (youth citizenship). Penelitian ini bertujuan untuk melihat Narasi sebagai masyarakat sipil dalam pengelolaan kewarganegaraan pemuda melalui TWK di YouTube. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Komentar-komentar YouTube menjadi sumber primer penelitian, sedangkan video wawancara dan studi literatur menjadi sumber sekunder penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game show TWK mampu mengangkat isu kewarganegaraan pemuda mengenai krisis wawasan kebangsaan dan inklusivitas. Pengelolaan kewarganegaraan pemuda terjadi dengan baik melalui melalui aksi tindakan sipil, kohesi sosial, dan aktualisasi diri masyarakat. Penelitian menyarankan pendidikan kewarganegaraan yang tidak hanya menyentuh moral knowing, tetapi juga mampu mampu menyentuh moral awareness dan moral feeling serta upaya untuk mempertahankan, meningkatkan, dan memperbaiki dimensi aktualisasi diri dalam kedua isu yang terkemuka dalam komentar program.
Narasi is a civil society that focuses on youth issues. Narasi believes that young people have the power to play a role in creating a better Indonesia. Through digital media, Narasi creates various programs, one of which is called the Tes Wawasan Kebangsaaan (TWK). This game show tests how well people know Indonesia in the midst of technological developments and the rapid flow of information. In its journey, this program is increasingly leading to a more mature management of citizenship, especially for young Indonesians (youth citizenship). This study aims to look Narasi in youth citizenship management through TWK on YouTube. This research uses qualitative methods with a case study approach. YouTube comments are the primary source of research, while interviews video and literature studies are secondary sources of research. The results showed that the TWK game show was able to raise the issue of youth citizenship regarding the crisis of nationalism and inclusivity. The management of youth citizenship occurs well through civic action, social cohesion, and community self-actualization. Research suggests civics education that does not only touch moral knowing, but is also capable of touching moral awareness and moral feeling as well as efforts to maintain, increase and improve the dimensions of self-actualization in the two prominent issues in the program's comments.
Kata Kunci : Narasi, masyarakat sipil, kewarganegaraan pemuda, wawasan kebangsaan, inklusivitas, YouTube