Stragi Marketing Affiliator Shopee Ditinjau Dari Prinsip Kejujuran Etika Bisnis Sonny Keraf
ROFI MUIZ ROSYIDA, Prof. Dr. Lasiyo, M.A., M.M. ; Dr. Ridwan Ahmad Sukri. S. S.,M.Hum.
2023 | Skripsi | S1 FILSAFATPenelitian ini berjudul Strategi Marketing Affiliator Shopee Ditinjau Dari Prinsip Kejujuran Etika Bisnis Sonny Keraf. Dengan latar belakang seseorang untuk menambah penghasilan pada saat ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu ide bisnis yang saat ini sedang ramai di kalangan anak muda yaitu mengikuti program yang diadakan oleh Shopee. Nama program tersebut adalah Shopee Affiliates Program. Kemudian akan diteliti melalui prinsip kejujuran di dalam etika bisnis. Hal ini dimaksudkan untuk melihat apakah stratergi marketing yang digunakan oleh affiliator telah sesuai dengan prinsip kejujuran etika bisnis yang ada. Kajian ini bersifat deskriptif kualitatif mengenai fenomena aktual. Metode penelitian ini menggunakan metode hermeneutika filosofis dengan unsur deskripsi,herusitika, interpretasi serta refleksi kritis. Pengumpulan datadengan cara studi Pustaka dan mencari tahu informasi melalui metode wawancara dengan affiliator Shopee Hasil dari penelitian ini prinsip kejujuran dalam etika bisnis adalah agar terciptanya sebuah kepercayaan, affiliator dalam marketing produk shopee ini juga memiliki peran yang penting terhadap penjualan barang. karena dengan adanya affiliator jangkauan pembeli menjadi semakin luas, dan menunjukkan bahwa affiliator Shopee dalam menjalankan bisnis afiliasinya telah sesuai dengan prinsip kejujuran dalam etika bisnis.
This research is entitled Shopee Affiliate Marketing Strategy Reviewed by Sonny Keraf's Principle of Business Ethics Honestly With someone's background to increase income at this time can be done in various ways. One of the business ideas that is currently popular among young people is to take part in a program held by Shopee. The name of the program is the Shopee Affiliates Program. Then it will be examined through the principle of honesty in business ethics. This is intended to see whether the marketing strategy used by the affiliate is in accordance with the existing principles of honesty and business ethics. This study is descriptive qualitative about the actual phenomenon. This research method uses a philosophical hermeneutic method with elements of description, herusitics, interpretation and critical reflection. Collecting data by means of library research and finding out information through interviews with Shopee affiliates The results of this study the principle of honesty in business ethics is that in order to create trust, affiliates in marketing Shopee products also have an important role in selling goods. because with an affiliate the range of buyers becomes wider, and shows that Shopee affiliates in running their affiliate business are in accordance with the principles of honesty in business ethics.
Kata Kunci : Shopee Affiliates Program, kejujuran, etika bisnis, affiliator.