VALUASI EKONOMI KOMPLEK CANDI ARJUNA KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA
HARIS YODHA ANANTA, Amirullah Setya Hardi, S.E., Cand.Oecon., Ph.D.;Dra. Wahyu Hidayati, M.Si.
2022 | Tesis | Magister Ekonomika PembangunanKomplek Candi Arjuna merupakan salah satu objek wisata unggulan daerah yang berada di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap nilai ekonomi Komplek Candi Arjuna dan mengestimasi nilai ekonomi Komplek Candi Arjuna berdasarkan Travel Cost Method dan Contingent Valuation Method. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan jumlah kunjungan individu dan kesedian membayar sebagai variabel dependen. Sementara itu, variabel independen adalah jumlah kunjungan individu, biaya perjalanan, pendapatan, pendidikan, usia, jarak tempuh, dummy kualitas lingkungan dan dummy atraksi. Jenis data dalam penelitian ini adalah cross section. Data diperoleh melalui wawancara dengan wisatawan sebagai responden sebanyak 118 orang. Dari hasil penelitian diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan berdasarkan Travel Cost Method adalah biaya perjalanan, pendapatan, jarak, dummy kualitas lingkungan, dan dummy atraksi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar berdasarkan Contingent Valuation Method adalah jumlah kunjugan individu, umur, pendapatan, dummy kualitas lingkungan, dan dummy atraksi. Indikasi nilai yang diperoleh dari hasil perhitungan dengan menggunakan Travel Cost Method adalah sebesar Rp1.040.733.000.000 dan dengan Contingent Valuation Method adalah sebesar Rp8.443.000.000. Valuasi ekonomi Candi Arjuna setelah dilakukan rekonsiliasi dari kedua metode adalah sebesar Rp817.070.000.000.- (delapan ratus tujuh belas miliar tujuh puluh juta rupiah).
The Arjuna Temple one of the most favorite destination in Dieng Plate, Banjarnegara, Central Java. Purpose of this research is to analyze factors that influenced economic value and estimate economic valuation based on the Travel Cost Method and Contingent Valuation Method. The method used to analyze was a multiple linear regression with the number of individual visits and willingness to pay as dependent variables. Meanwhile, the independent variable of this research were the number of individual visits, travel cost, income, education, age, distance, environmental quality dummy, and attraction dummy. Data were obtained by interviewing tourists as respondents by collecting 118 respondents. As a result, the factors that influence the number of visits based on the travel cost method are travel cost, income, distance, environmental quality dummy, and attraction dummy. Factors that influence willingness to pay base on the contingent valuation method are individual visit, age, income, environment quality dummy,and attraction dummy. The indication value that used Travel Cost Method are Rp1.040.733.000.000 and Contingent Valuation Method are Rp8.443.000. The economic value of Arjuna Temple after the reconciliation process is Rp817.070.000.000. (eight hundred seventeen billion seventy million rupiah).
Kata Kunci : Valuasi Ekonomi, Komplek Candi Arjuna, Travel Cost Method, Contingent Valuation Method, Willingness to Pay, Komplek Candi Arjuna