Laporkan Masalah

Motivasi Akademik Matematika sebagai Mediator Peran Emosi Kesenangan Matematika Terhadap Prestasi Matematika Siswa SMA

NUR HAMIDAH, Dr. Yuli Fajar Susetyo, S.Psi., M. Si., Psikolog

2023 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI

Prestasi matematika siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Padahal, prestasi matematika mempunyai peran penting bagi remaja baik dalam kehidupan sosial maupun akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran motivasi akademik matematika sebagai mediator hubungan antara emosi kesenangan matematika dengan prestasi matematika pada siswa SMA. Sebanyak 232 siswa SMA di Kabupaten Sleman menjadi partisipan dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan skala emosi kesenangan matematika, motivasi akademik matematika dan tes prestasi matematika. Uji mediasi dilakukan dengan menggunakan modul MedMod melalui Jamovi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa motivasi akademik matematika terbukti secara signifikan memediasi hubungan antara emosi kesenangan matematika dan prestasi matematika siswa SMA (b=0.202;CI 95%[0.024-0.401]).

Students mathematics achievement in Indonesia is still low, whereas mathematics achievement is important for adolescents social or academic life. This study aims to examine mathematics academic motivation as a mediator between mathematics enjoyment and achievement. This study was conducted among 232 senior high school students. Academic emotions and mathematics motivation was assessed with self-report and mathematics achievement was assessed by multiple choices. We used Medmod in Jamovi to confirm the mediating effect of mathematics between enjoyment and mathematics achievement. Result showed the effect of mathematics enjoyment on senior high school student mathematics achievement was mediated by mathematics motivation (b=0.202;CI 95%[0.024-0.401]).

Kata Kunci : emosi kesenangan, motivasi akademik, prestasi matematika, siswa SMA

  1. S2-2023-466649-abstract.pdf  
  2. S2-2023-466649-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-466649-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-466649-title.pdf